Negara Bagian AS Akan Tetap Pertahankan Sanksi Atas Iran

Sumber :
  • REUTERS/Brendan Smialowski/Pool
VIVA.co.id
Tes Rudal Iran Dituding Menyimpang dari Resolusi PBB
- Kesepakatan kerangka kerja yang dicapai Amerika Serikat (AS) dan Iran dua pekan lalu, tampaknya hanya akan menjadi euforia singkat untuk perbaikan hubungan di antara kedua negara.

AS dan Israel Bahas 'Pengiriman' Virus Stuxnet ke Iran

Dilansir dari
Realisasi Pasokan Kondensat dari Iran Diharapkan Segera
Reuters , Senin, 13 April 2015, setidaknya 24 negara bagian AS telah menjatuhkan sanksi pada perusahaan-perusahaan Iran, mereka tidak berencana untuk mencabutnya.


Sekalipun jika pemerintah federal AS mencabut sanksi atas Iran, setelah perjanjian akhir program nuklir Iran disepakati pada akhir Juni mendatang, tidak akan berdampak pada sanksi dari puluhan negara bagian.


Dua negara bagian, Kansas dan Mississippi, bahkan berencana untuk menjatuhkan sanksi baru atas Iran. Membuat prospek disepakatinya perjanjian akhir juga menjadi tidak menentu.


"Sanksi investasi kami tidak terkait dengan negosiasi Presiden Barack Obama dengan Iran," kata Don Gaetz, senator Republik dari Florida, yang mensponsori sanksi atas Iran pada 2007.


Perjanjian akhir yang masih dinegosiasikan hingga 30 Juni, akan mengatur pencabutan sanksi AS atas penjualan minyak Iran ke negara lain, serta melonggarkan pembatasan pada sistem keuangan Iran.


Selain Florida, Michigan juga mengatakan tidak berniat mengubah kebijakan mereka atas Iran, sekalipun perjanjian akhir dicapai. Wakil Iran di PBB, belum merespons pertanyaan
Reuters
, mengenai sikap negara-negara bagian AS itu.


Sementara juru bicara Gedung Putih Bernadette Meehan, tidak spesifik menjawab sikap negara bagian itu. Namun ia mengatakan hanya sanksi terkait dengan program nuklir Iran, yang akan terdampak oleh perjanjian akhir.


Penolakan dari negara-negara bagian AS ini, dipastikan bakal mengganggu proses pembahasan perjanjian akhir, di mana Iran telah menyatakan tuntutannya untuk pencabutan semua sanksi, setelah perjanjian akhir diimplementasikan.

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya