Nikaragua Usir Warga AS Terduga Infeksi Ebola

Ilustrasi virus ebola.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Remaja Cewek Ini Punya Cara Cepat Deteksi Ebola
- Kementerian Kesehatan Nikaragua mengatakan telah mengkarantina salah seorang staf Kedutaan Amerika Serikat di Managua yang diduga terinfeksi virus Ebola. Alhasil, Pemerintah Nikaragua meminta Negeri Paman Sam untuk segera memulangkan staf Kedubes tersebut.

Vaksin Baru Diklaim 100 Persen Efektif Lawan Ebola

BBC
Vaksin Ebola Tekmira Sembuhkan Kera dalam 28 Hari
edisi Selasa, 14 April 2015 melansir, pihak Kedubes AS mengaku telah mengetahui salah satu pegawainya memang baru saja kembali dari Liberia. Tetapi mereka membantah pegawainya itu melakukan kontak dengan pasien Ebola selama berada di Liberia.

Mereka mengatakan tidak ada gejala demam yang disertai pendarahan. Selain itu, baik Kemenkes AS dan Nikaragua sebelumnya telah menyatakan dia terbebas dari Ebola usai kembali dari Liberia.


Pegawai kedutaan diketahui berusia 51 tahun dan telah diperiksa di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS sebelum kembali ke Nikaragua.


Namun, Kepala Epidemologi di Kemenkes Nikaragua, Carlos Saenz membantah pernyataan Kedubes AS.


"Pria itu terbukti telah menghabiskan waktu di fasilitas kesehatan di mana pasien Ebola tengah dirawat ketika berada di Liberia," ujar Saenz dan dikutip laman
International Business Times.


Pemerintah Nikaragua kemudian memerintahkan Departemen Luar Negeri AS untuk mengirimkan sebuah pesawat lengkap dengan peralatan yang dibutuhkan dan memulangkan pria itu kembali ke AS.


Bahkan, Kemenkes Nikaragua juga ikut mengisolasi pegawai Kedubes AS itu di rumahnya.


Beberapa negara di kawasan Amerika Latin telah melarang para pengunjung dari negara yang terbukti terkena epidemi Ebola masuk ke negara mereka. Akibat penyebaran Ebola tahun lalu, telah menewaskan lebih dari 10 ribu orang di beberapa negara yakni Liberia, Guinea dan Sierra Leone.


Namun, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kasus baru Ebola masih terus terjadi kendati jumlahnya menurun. Risiko penyebaran penyakitnya pun juga ikut mengalami penurunan. (ase)


![vivamore="
Baca Juga
:"]






[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya