Kemkominfo Bantah Tidak Siap Fasilitasi Media Peliput KAA

Spandung 60 Tahun Peringatan Konferensi Asia Afrika di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna
VIVA.co.id
RI Terima 200 Permintaan Bantuan Negara Lain
- Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Freddy H Tulung, membantah pihaknya tidak siap dalam memfasilitas media peliput peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta dan Bandung. Ditemui di ruang serbaguna Kemkominfo, Freddy menyebut pembatasan media peliput menjadi hanya 1.000 orang karena adanya keterbatasan tempat.

Sambangi RI, Sekjen OKI Bahas Upaya Pemberantasan Terorisme

Sementara, hingga saat ini sudah ada 1.314 jurnalis yang terdaftar di dalam pangkalan data Kemkominfo. Sayangnya, tempat yang tersedia tidak sanggup menampung sedemikian banyak orang.
Megawati: Perang Tak Selesaikan Masalah Timur Tengah


Padahal, jumlah kepala negara yang memastikan diri hadir mencapai 28 orang. Sementara, total 72 negara dipastikan ikut hadir di kegiatan yang dimulai 19-24 April 2015 tersebut.


"Semata-mata kami melakukan ini (memotong jumlah jurnalis) karena alasan lokasi. Jika dibandingkan dengan penyelenggaraan APEC di tahun 2013 lalu, lokasinya sangat berbeda, karena telah disiapkan secara komersial untuk hal-hal seperti itu," papar Freddy.


Namun, dia mengaku khawatir terkait penyelenggaraan KAA yang ada di Bandung. Sebab, tempat penyelenggaraan acara jauh lebih kecil.


"Saya tidak khawatir dengan lokasi penyelenggaraan di Jakarta Convention Centre. Namun, jika Anda melihat Gedung Merdeka yang dibangun tahun 1950an, kapasitasnya sangat terbatas," kata Freddy.


Dia menyebut, itulah sebabnya jumlah kapasitas wartawan dibatasi. Dari yang semula 1.000 orang menjadi 600 orang.


"Kalau dipaksa kapasitasnya 1.000 orang, kami khawatir akan terjadi hal yang tidak diinginkan," imbuh dia.


Kemkominfo menyebut untuk mengakomodir kebutuhan media, maka mereka menyediakan pusat media di empat terpisah, yakni gedung PGN, Kimia Farma, Ibis New Style dan New Majestic. Freddy mengaku kendati tidak praktis, namun itulah situasi yang ada saat ini.


"Sekali lagi, kami melakukan ini, semata-mata karena keterbatasan ruangan. Kami paham, Anda membutuhkan ruangan yang layak untuk peliputan," kata dia.


Rumor ketidaksiapan Kemkominfo sebagai panitia untuk media terlihat ketika jelang hari H KAA pada pekan depan, masih banyak jurnalis yang belum menerima surat konfirmasi. Padahal, surat konfirmasi itu dibutuhkan para jurnalis untuk meliput.


Freddy berjanji dalam dua hari ke depan, semua jurnalis akan menerima surat konfirmasi tersebut. Selain itu, semula tidak ada informasi mengenai pembatasan media. Namun, jelang penyelenggaraan, Kemkominfo mengatakan hanya bisa mengakomodir 1.000 orang jurnalis.


Saat ini, baru 800 jurnalis yang telah menerima surat notifikasi. Angka ini, belum ditambah dengan media delegasi dari negara sahabat. Total 1.314 jurnalis yang telah terdaftar saat ini dari 264 negara. (one)


![vivamore="
Baca Juga
:"]





[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya