Jurnalis Pro-Rusia Dibunuh di Ukraina

Jurnalis pro Rusia Dibunuh di Ukraina.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Hilang di China, Pria Asal Inggris Ditemukan Tewas
- Seorang jurnalis Ukraina yang dikenal memiliki pandangan pro-Rusia, ditembak pada siang hari di Kiev, Kamis, 16 April 2015, hanya sehari setelah anggota parlemen yang juga pro-Rusia ditemukan tewas dibunuh.

25 Tahun, 2.297 Wartawan Tewas

Dikutip dari laman
Kemlu Bantah Larang Jurnalis Asing ke Papua
Al Jazeera , Jumat, 17 April, Oles Buzyna (45 tahun), yang bekerja sebagai pemimpin redaksi surat kabar terkemuka Ukraina, ditembak oleh dua pria bertopeng, dari dalam mobil yang berjalan.


Pembunuhan terhadap Buzyna terjadi sehari setelah Oleh Kalashnikov, anggota parlemen dari partai pendukung mantan presiden Viktor Yanukovich, ditemukan tewas di rumahnya di Kiev.


Oleh ditemukan tewas dengan luka tembak, polisi mengatakan belum jelas apakah dia dibunuh atau bunuh diri. Namun, pembunuhan terhadap Buzyna, memperkuat bahwa Oleh juga dibunuh.


Keduanya dikenal memiliki pandangan pro-Rusia, bertentangan dengan para pejabat pemerintah Ukraina saat ini yang pro-Barat. Buzyna dan Oleh adalah saksi kunci dalam peristiwa pembantaian di lapangan Maidan, Kiev, pada 20 Februari 2014.


Ada banyak kejanggalan dalam penyelidikan kasus pembantaian, yang menewaskan puluhan demonstran, diyakini bagian dari skenario oleh kelompok pro-Barat untuk menjungkalkan Yanukovich.


Pada pidatonya, Presiden Rusia Vladimir Putin, menyebut kematian Buzyna sebagai pembunuhan politik. Penguasa Ukraina pro-Barat saat ini, diyakini berusaha menutupi terungkapnya konspirasi di balik pembantaian Maidan. (one)

![vivamore="
Baca Juga
:"]



i

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya