Kadin Inisiasi Pembentukan Dewan Bisnis Asia Afrika

Sumber :
  • Antara/Ismar Patrizki
VIVA.co.id
Afrika Jadi Pasar Potensial Mi Instan Asal Indonesia
- Untuk mendorong kerjasama Selatan-Selatan di bidang perdagangan dan investasi, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menginisiasi pembentukan Dewan Bisnis Asia Afrika.

Menakar Kekuatan Dewan Bisnis Asia-Afrika

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Koordinator Asosiasi, Noke Kiroyan, mengatakan Kadin akan menyelenggarakan Forum Bisnis Asia Afrika (AABS), pada 21-22 April di Jakarta.
Kadin: Banyak Peluang Gali Pasar Afrika


Forum bisnis yang terkait dengan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA), itu akan digelar dengan tema revitalisasi kemitraan Asia Afrika untuk perkembangan dan kesejahteraan.


Pembentukan Dewan Bisnis Asia Afrika, dimaksudkan untuk memantau dan menindaklanjuti pelaksanaan berbagai keputusan AABS. “Kami ingin ada tindak lanjutnya secara konkret,” kata Noke.


Dia mengatakan sudah ada 700 peserta yang mendaftar untuk pertemuan AABS, namun penyelenggara hanya menetapkan 500 orang delegasi dari 45 negara Asia Afrika, terdiri dari pelaku usaha, pemerintah dan duta besar.


Pembahasan akan difokuskan pada sektor maritim, agribisnis, infrastruktur, perdagangan dan investasi. Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dan PM India Narendra Modi, akan menjadi pembicara kunci.


Pembicara lainnya adalah para CEO dari Afrika dan Asia, seperti CEO Alibaba Group Jack Ma. Sementara dari Indonesia adalah Franky O. Widjaja (Sinar Mas Grup), Sri Dato Tahir (Mayapada Grup), Hidayat Nyakman (Petrokimia Gresik) dan Chairul Tanjung (Para Group).


Noke menilai pertemuan itu strategis bagi Indonesia untuk mempromosikan peluang bisnis dan investasi. “Infrastruktur dan industri strategis kita harapkan bisa tersentuh investasi. Semoga ada realisasi setelah pelaksanaan acara ini,” katanya.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya