Pemimpin Jepang dan China Kembali 'Berdamai' di KAA Jakarta

PM Jepang Shinzo Abe bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Jakarta.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dan Presiden China, Xi Jinping, Rabu 22 April 2015, kesampingkan perserteruan diplomatik dua negara atas berbagai isu. Bahkan kedua pemimpin sepakat untuk berupaya meningkatkan hubungan kedua negara.

Menurut kantor berita Reuters, PM Abe bertemu Presiden Xi di sela-sela acara Konferensi Tingkat Tinggi Peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta. Abe mengatakan keduanya sepakat untuk berkontribusi bagi stabilitas regional.

Mereka juga sepakat mempromosikan hubungan strategis yang saling menguntungkan. Kedua pemimpin negara ekonomi terbesar Asia itu, terlihat semakin erat sejak KTT APEC di Beijing pada 2014.

Pertemuan Xi dan Abe berlangsung sekitar setengah jam di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, setelah sebelumnya diwarnai perselisihan terkait sengketa maritim, juga sejarah penjajahan Jepang atas China.

"China bergeser ke arah kebijakan yang menekankan, bahwa negara itu berharap untuk hubungan yang stabil dengan para tetangganya," kata Hiroko Maeda, peneliti dari Institut PHP di Tokyo. (ren)

Indonesia Terus Jajaki Penguatan Kerja Sama dengan Afrika

Pembentukan Dewan Bisnis Indonesia-Afrika Masih Berlangsung

Dewan Bisnis akan permudah hubungan dagang RI-Afrika.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2016