Tiongkok Ajak Semua Pihak Ikut Proyek Jalur Sutra Maritim

Presiden Tiongkok, Xi Jinping di KTT Asia Afrika
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta
VIVA.co.id
RI Dukung Penyelesaian Batas Maritim Secara Damai
- Presiden Tiongkok, Xi Jinping, mengaku siap bekerja sama dengan semua pihak untuk merealisasikan proyek jalur sutra maritim abad ke-21. Salah satu cara agar proyek tersebut bisa terealisasi yakni dengan meluncurkan Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB).

Kerajaan Majapahit Dijaga Lima Gugus Kapal Perang

Hal itu disampaikan Xi ketika berpidato di forum pemimpin negara Asia Afrika di Jakarta Convention Centre (JCC). Penyampaian kembali konsep jalur sutera maritim dianggap Xi pas karena Indonesia di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo memiliki ambisi untuk menjadikan RI sebagai poros maritim dunia.
Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni


Dalam pidatonya, Xi turut mengatakan Tiongkok siap meningkatkan kerja sama selatan dan utara.


"Kami siap meningkatkan kerja sama dengan negara lain untuk mengamankan perdamaian dan stabilitas dalam pengembangan komando dan kemakmuran," kata Xi.


Salah satunya direalisasikan Xi dengan berkomitmen memberikan 100 ribu pelatihan bagi negara-negara berkembang di kawasan Asia Afrika dalam kurun waktu lima tahun. Program lainnya yang dilakukan Tiongkok untuk membangun kerja sama yang lebih erat di antara dua kawasan itu, yakni dengan menjadi tuan rumah di festival pemuda dan mengundang total 2.000 pemuda Afrika untuk datang ke Tiongkok.


"Melalui program ini, diharapkan bisa meningkatkan pertukaran pengalaman dan ilmu," ujar Xi.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya