Hasil KAA Diklaim Suara Kebangkitan Asia Afrika

Pemimpin Negara di KAA
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean
VIVA.co.id
Pembentukan Dewan Bisnis Indonesia-Afrika Masih Berlangsung
- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Konferensi Asia Afrika (KAA), merupakan konferensi terbesar di dunia setelah PBB. Dengan demikian kesepakatan yang dihasilkan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Indonesia Terus Jajaki Penguatan Kerja Sama dengan Afrika

"Suara yang disampaikan dalam KAA, adalah suara kebangkitan bangsa-bangsa Asia Afrika," kata Jokowi dalam pidato penutupan KAA 2015 di Jakarta Convention Centre (JCC), Kamis malam, 23 April 2015.
Politisi PKS Puji Pidato Presiden Jokowi


Seakan menegaskan klaimnya, dia mengulang pernyataannya tentang kebangkitan Asia Afrika. "Sekali lagi, suara kebangkitan bangsa-bangsa Asia Afrika. Oleh sebab itu suara dan keputusan kita, tidak bisa diabaikan oleh siapa pun."


Dia menambahkan bahwa bangsa-bangsa Asia dan Afrika, sepakat untuk menyalakan ide-ide perjuangan Selatan-Selatan. "Kesejahteraan, solidaritas dan stabilitas bangsa-bangsa Asia dan Afrika," ucapnya.


Pertemuan para kepala negara dan utusan negara-negara itu menghasilkan tiga kesepakatan, yaitu Pesan Bandung, Deklarasi Penguatan kemitraan Baru Strategis Asia Afrika, serta Deklarasi tentang Palestina.


"Kami berhasil memutuskan tiga kesepakatan penting," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya