Negara-negara Segera Kirim Bantuan ke Nepal

Tim Sar Jerman memasuki kapal untuk menuju Nepal, 26 April 2015.
Sumber :
  • REUTERS/Wolfgang Rattay
VIVA.co.id
Di Nepal, Pangeran Harry Disambut Lima Perawan
- Sementara upaya penyelamatan terus dilakukan di Nepal, banyak negara di dunia berlomba dengan waktu untuk mengirimkan bantuan, bagi Nepal yang diguncang gempa pada Sabtu, 25 April 2015.

Ini Status Tiga Pendaki Indonesia yang Hilang di Nepal

Dikutip dari laman
Antisipasi Krisis, Kemlu Latih Diplomat Muda
Channel News Asia , Senin, 27 April 2015, Inggris mengeluarkan £5 juta untuk Palang Merah Inggris, Amerika Serikat (AS) memberi bantuan awal $1 juta, Australia dan Selandia Baru $4,5 juta.


Sementara Korea Selatan menjanjikan $1 juta dalam bentuk bantuan kemanusiaan. India, Minggu, mengirimkan 13 pesawat militer yang mengangkut makanan, tenda, selimut dan bantuan lain.


Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan, prioritas pertama adalah menyelamatkan mereka yang terjebak reruntuhan. "Saat ini banyak orang di bawah reruntuhan, masih dalam keadaan hidup," kata Modi.


"Upaya kami adalah menyelamatkan sebanyak mungkin korban yang masih hidup," ucapnya. Rusia mengatakan dua pesawatnya telah berangkat ke Nepal, membawa para ahli penyelamat, dokter dan psikolog.


Rusia juga mengirimkan berbagai peralatan, termasuk helikopter dan drone. Sri Lanka mengirimkan pesawat militernya, membawa 48 tenaga medis serta personel SAR, bersama pasokan bantuan dan generator listrik.


Pesawat kedua juga akan diterbangkan Sri Lanka, bersama dengan lebih banyak dokter dan perawat. Pakistan juga mengirimkan pesawat C-130, bersama puluhan ranjang untuk rumah sakit.


Bantuan itu menyusul pasokan makanan dan kru penyelamat Pakistan, yang telah lebih dulu tiba di Nepal. Sebanyak 62 anggota SAR China disertai anjing pencari, juga telah berada di Kathmandu.


Singapura dan Jepang mengatakan bakal mengirimkan tim SAR. Beberapa negara Eropa seperti Belgia, Jerman dan Luksemburg, mengirimkan 45 anggota SAR dan dokter dengan pesawat militer Belgia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya