Tim Evakuasi Fokus Pencarian 3 Pendaki WNI

Gunung Everest di Himalaya.
Sumber :

VIVA.co.id - Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan, Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh, Iwan Wiranataatmadja, telah menunjuk Kolonel (Pnb) Indan Gilang dari TNI Angkatan Udara untuk mengoordinasi pencarian tiga pendaki asal Indonesia yang terjebak di Gunung Everest, saat gempa melanda Nepal beberapa hari lalu.

10 Pendaki Tewas Terkubur Salju Mount Everest Saat Gempa

Melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Jumat 1 Mei 2015, Iqbal mengatakan, Kolonel Indan akan mengoordinasikan tim kecil, yang terdiri atas Kemlu, pendaki dari Himalayan Experience dan wakil Taruna Hiking Club, untuk fokus pada upaya pecarian dan evakuasi tiga warga Indonesia atas nama Alma Parahita, Kadek Andana, dan Jeroen Hehuwa.

“Pencarian akan dilakukan melalui jalur udara, menggunakan helikopter,” kata Iqbal.

Longsor Mengerikan Saat Mount Everest Diguncang Gempa

Iqbal menjelaskan, ketiga pendaki tersebut sudah diketahui perkiraan lokasinya. Akan tetapi, belum bisa dikontak dan ditemukan hingga saat ini, meski telah dilakukan pencarian menggunakan helikopter sebanyak sembilan kali.

Sebelumnya, Iqbal mengatakan, pemerintah Nepal juga akan membantu pencarian ketiga pendaki tersebut, dengan menggunakan helikopter militer milik Nepal.

Alasan Pengemudi Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Jalani Pemeriksaan Psikologi

“Sayangnya, hingga saat ini, RI belum bisa memperoleh helikopter militer, lantaran keterbatasan dan kebutuhan yang tinggi dalam situasi bencana di sana,” ujarnya. (art)

Mount Everest

Gunung Everest Geser Satu Inci ke Barat Daya

Gempa hebat di Nepal mampu menggeser gunung tertinggi di dunia.

img_title
VIVA.co.id
18 Juni 2015