Citra Satelit Buktikan Tuduhan China pada Vietnam

Wilayah yang diklaim Vietnam di Laut China Selatan.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Jaga Wilayah Sengketa, China Luncurkan Satelit Gaofen 3
- Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) Amerika Serikat (AS), mengatakan, citra satelit memperlihatkan reklamasi signifikan yang dilakukan Vietnam, pada dua lokasi yang diperebutkan beberapa negara di Laut China Selatan.

Nisa 'Ratu Narkoba' Asal Aceh dan 5 Terdakwa Dituntut Mati di PN Medan

Dilansir dari
Bertambah Usia, Perjalanan Perusahaan Properti Ini Makin Bertumbuh Sukses
Reuters , foto-foto dari satelit menunjukkan adanya ekspansi daratan, yang dilakukan Vietnam di gugus karang Sand Cay dan West London, pada kepulauan Spratly yang juga diklaim China, Malaysia, dan Filipina.


Direktur CSIS Mira Rapp-Hooper, mengatakan, pekerjaan yang dilakukan Vietnam termasuk pembangunan instalasi militer, yang bahkan sudah dimulai sebelum China memulai proyek reklamasinya pada 2014.


Citra satelit yang memperlihatkan kegiatan reklamasi Vietnam, diambil pada 2010. Setelah mendapat kritik atas reklamasinya di Spratly, China menyerang balik Vietnam dan Filipina pada April lalu.


"Foto-foto ini memperlihatkan bahwa China benar," kata Rapp-Hooper. Dia mengatakan, Vietnam telah mengklaim 65.000 meter persegi wilayah darat karang West London, serta 21.000 meter persegi di Sand Cay.


Belum ada tanggapan dari Departemen Luar Negeri AS dan Pentagon, atas keberadaan citra satelit yang membuktikan serangan balik China, setelah selalu dituding oleh AS sebagai pihak yang memulai konflik.


Presiden AS Barack Obama, April lalu, menuduh China "meregangkan ototnya", untuk memperluas klaim maritim di Laut China Selatan, menjadi dalih bagi AS untuk terlibat membantu pertahanan negara-negara seperti Vietnam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya