Beras Plastik Sudah Menyebar di Beberapa Negara Asia

Beras.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Ingat Heboh Beras Plastik, Ini Update Kasusnya
- Beras plastik mengandung resin yang beracun dilaporkan telah menyebar pada beberapa negara di Asia. Penyebaran ini termasuk di negara-negara yang banyak warga miskin, seperti India, Indonesia dan Vietnam.

Awas! Beras Palsu Dijual di Supermarket

Dilansir dari harian
UI dan IPB Dinilai Relatif Independen Uji Beras Plastik
Straits Times , Selasa 19 Mei 2015, beras itu terbuat dari kentang, yang dibentuk menjadi seperti beras dengan campuran resin. Ada isu, beras tersebut juga ditemukan di Singapura.


Namun, seperti biasa, otoritas Singapura dapat bergerak dengan cepat melakukan pemeriksaan, memastikan bahwa tidak ada beras plastik yang beredar di negara yang tinggi kinerja pejabat publiknya.


Berita tentang beras plastik berawal dari China. Pakar-pakar kesehatan telah memperingatkan, bahwa dikonsumsinya beras plastik itu akan menyebabkan kerusakan serius pada pencernaan.


Beras plastik pertama kali terungkap di Taiyuan, provinsi Shaanxi, kemudian menyebar dengan cepat melalui sosial media, serta aplikasi pesan ponsel. Di Malaysia, otoritas negara itu menyebut belum ditemukan adanya kasus.


Menteri Pertanian dan Industri Agro Malaysia, Ismail Sabri Yaakob, membantah adanya laporan tentang penyebaran beras plastik di Malaysia. Tapi dia berjanji, akan melakukan sosialisasi tentang cara mengidentifikasi beras palsu.


Menteri Perdagangan Malaysia, Hasan Malek, mengatakan isu beras palsu bisa jadi salah atau benar, tapi kementeriannya tidak akan menganggap remeh, sehingga bakal melakukan penyelidikan di seluruh wilayah.


"Saya mendengar kabar itu. Bisa jadi benar atau salah. Kami juga belum tahu, jika ada beras palsu yang masuk (Malaysia), tapi kita tidak dapat menganggap remeh hal semacam itu," kata Hasan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya