Pererat Hubungan, Tiongkok Tambah Kuota Beasiswa Pelajar RI

Tiga pelajar Indonesia menimba ilmu di Kota Quanzhou China
Sumber :
  • VIVAnews / Renne Kawilarang
VIVA.co.id
Guru Besar AS: RI Mampu Atasi Konflik Laut China Selatan
- Wakil Perdana Menteri Tiongkok, Liu Yandong, mengatakan, pemerintahnya siap menambah kuota beasiswa bagi pelajar Indonesia. Rencananya, Negeri Tirai Bambu akan memberikan 100 beasiswa untuk pelajar Indonesia setiap tahunnya.

Pengklaim China Selatan Harus Hormati Hukum Internasional

Hal itu disampaikan oleh Liu ketika berpidato di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia pada Rabu, 27 Mei 2015. Peningkatan kuota beasiswa merupakan salah satu dari tiga kabar baik yang dibawa Liu ke Indonesia.
Diancam Menko Luhut, China Akui Pulau Natuna Milik RI


"Kabar baik kedua yaitu pemberian dana senilai 500 ribu yuan atau setara Rp6,6 miliar untuk mengembangkan kurikulum di UI. Kabar ketiga, atas nama markas besar Institut Konusius, saya mengundang 100 mahasiswa Indonesia untuk mengikuti kamp musim panas Chinese Bridge di Tiongkok," papar Liu.


Dengan peningkatan kuota beasiswa, kian menambah jumlah pelajar Indonesia untuk ke Tiongkok. Berdasarkan informasi dari Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta, pada 2013, total 13 ribu pelajar Indonesia menuntut ilmu ke Tiongkok.


Tiongkok kini juga menjadi salah satu tempat tujuan mahasiswa Indonesia untuk memperdalam studi di luar negeri. Dalam kesempatan itu, Liu turut mendorong agar kunjungan para pemuda kedua negara lebih ditingkatkan.


"Bibit persahabatan paling mudah bersemi di hati kaum muda. Kita seharusnya menjadikan hubungan pemuda sebagai proyek percontohan dalam komunikasi humaniora kedua negara, melaksanakan kegiatan kunjungan timbal balik delegasi 100 pemuda setiap tahun dan menambah pengertian serta persahabatan antar generasi muda," papar Liu.


Mempererat hubungan warga kedua negara menjadi fokus utama kunjungan perdana Liu ke Jakarta. Dia tiba di Jakarta pada Selasa malam dan akan berada di Indonesia selama lima hari.


Rencana lain yang sudah sempat digaungkan untuk mempererat hubungan kedua negara yakni pembebasan visa bagi kedua negara dan meminjamkan dua ekor panda ke kebun binatang di Indonesia. Namun, belum diketahui realisasi dari rencana tersebut.


Liu juga akan berkunjung ke tiga kota lainnya yaitu Bandung, Yogyakarta, dan Denpasar. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya