Rayakan Waisak, Umat Buddha RI di AS Tonjolkan Toleransi

Perayaan Waisak di Thailand
Perayaan Waisak di Thailand
Sumber :
  • REUTERS / Chaiwat Subprasom

VIVA.co.id - Seluruh umat Buddha di Indonesia telah merayakan Hari Raya Waisak 2559, yang jatuh pada tanggal 2 Juni 2015. Tidak terkecuali umat Buddha Indonesia yang berada di Amerika Serikat, khususnya di kota Los Angeles (LA) dan sekitarnya, yang merayakan hari sakral itu akhir pekan ini.

Demikian ungkap Konsulat Jenderal RI di LA. Dalam rangka perayaan Waisak tersebut, komunitas Buddha Indonesia di Los Angeles bernama DhammaCakraTra bersiap menyelenggarakan perayaan dan peringatan TriSuci Waisak Puja di gedung KJRI Los Angeles pada hari Sabtu, 6 Juni 2015.

Menurut Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Umar Hadi, TriSuci Waisak dirayakan dan diperingati oleh seluruh umat Buddha di dunia. KJRI Los Angeles mempersilahkan komunitas Buddha Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya untuk hadir pada acara ini.

Untuk mempererat rasa persaudaraan dan silaturahmi antar umat beragama di kalangan masyarakat Indonesia, DhammaCakraTra juga mengundang tokoh-tokoh masyarakat Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya turut hadir dalam perayaan ini.

Rangkaian acara akan diawali dengan prosesi dan persembahan dengan puncak acara adalah ceramah oleh Bhikku Jayamedho dengan judul “Toleransi Dasar Kerukunan”.

Bhikku Jayamedho didatangkan khusus dari Indonesia. Ia telah dikenal aktif dalam pengembangan agama Buddha dan terlibat dalam pendirian sejumlah organisasi agama Buddha Indonesia, seperti Magabudhi, Dhammadipa Arama Center, dan Walubi.

Atas perannya tersebut, Bhikku Jayamedho telah mendapat sejumlah penghargaan, termasuk dari Raja Thailand pada tahun 1985. Bhikku Jayamedho juga aktif berpartisipasi pada organisasi dan pertemuan agama Buddha internasional, serta pada pertemuan-pertemuan lintas agama.

Acara perayaan Waisak tersebut juga akan menampilkan berbagai kesenian Indonesia, antara lain paduan suara, tarian remaja, pentas drama, serta acara makan malam bersama dan ramah tamah.