China Uji Kendaraan Nuklir Supersonik

Ilustrasi senjata nuklir.
Sumber :
  • http://www.artileri.org/

VIVA.co.id - Kementerian Pertahanan China telah mengkonfirmasi pengujian kendaraan pengiriman nuklir supersonik. Hal demikian merupakan langkah "manuver ekstrim" di tengah ketegangan di Laut Cina Selatan.

Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan

Ini kali keempat tes yang telah berhasil meluncurkan kendaraan pengiriman nuklir supersonik. Sementara pemerintah Amerika Serikat menjulukinya "Wu-14". Pengujian tersebut dilakukan pada hari Minggu, 14 Juni 2015.

"Penelitian ilmiah yang dijadwalkan dan eksperimen di wilayah kita bersifat normal, dan tes tersebut tidak ditargetkan pada negara dan tujuan tertentu," menurut pihak kementerian pertahanan di Hong Kong South China seperti yang dilansir dari Times of India.

Sementara itu, pengamat militer mengatakan frekuensi pengujian menunjukan bahwa Beijing memperkuat penangkal nuklirnya untuk menanggapi gangguan Washington di wilayah sengketa China. Situs Washington Gratis Beacon melaporkan bahwa hal tersebut dianggap senjata strategis teknologi tinggi yang mampu memberikan ledakan nuklir besar.

Salah satu fitur utamanya adalah kemampuan untuk melakukan manuver untuk menghindari pertahanan rudal AS. Wu-14 dinilai memiliki kekuatan 10 kali kecepatan suara, atau sekitar 7.680 mil per jam. Tidak seperti tes sebelumnya, tes terbaru ini menunjukan apa yang disebut seorang pejabat "manuver ekstrim".

Pengujian berlangsung sehari sebelum Komisi Militer Pusat, Wakil Ketua Fan Changlong meninggalkan kunjungan selama seminggu ke Amerika Serikat. Para ahli mengatakan peluncuran itu merupakan daya tawar Fan dalam diskusi dengan pihak negeri Paman Sam dan untuk mengekspresikan ketidaksetujuan Beijing terhadap gangguan berkelanjutan Washington di Laut Cina Selatan.

Salah satu wilayah sengketa di Laut China Selatan.

Vietnam Kirim Peluncur Roket ke Laut China Selatan

"Kepulauan Spratly adalah hak sah kami untuk mempertahankannya".

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016