Italia Ancam Beri Visa Schengen Bagi Migran Gelap

Ilustrasi migran Afrika
Sumber :
  • REUTERS/Jesus Blasco de Avellaneda
VIVA.co.id
Konflik Azerbaijan, Kemlu Tetap Berpegang Payung PBB
- Kesal atas sikap negara-negara tetangga sesama Uni Eropa yang enggan berbagi tanggungjawab menangani masalah migran gelap, Italia siap menerapkan langkah ekstrem. Pemerintah Italia bakal mengeluarkan visa sementara untuk para migran gelap yang selama ini mereka tampung.

Azerbaijan Tuding Armenia Memulai Perang

Dilansir dari
Papua Nugini Berharap Masalah Perbatasan Segera Selesai
Guardian , Selasa 16 Juni 2015, visa itu akan membuat para migran ilegal dapat melakukan perjalanan keluar dari Italia menuju negara-negara maju di Uni Eropa.


Persoalan migran di Eropa semakin memburuk, dengan terus bertambahnya arus migran yang menyeberangi Mediterania dari Libya, di mana Italia menjadi negara yang paling terdampak.


Roma telah meminta negara-negara Uni Eropa lain berbagi tanggungjawab, namun sejauh ini tidak memperoleh tanggapan positif, sementara pembahasan pun berlangsung sangat alot.


Italia akhirnya mengeluarkan ancaman untuk memberikan visa Schengen, jika tidak ada kesepakatan yang dicapai diantara para anggota Uni Eropa, untuk berbagi tanggungjawab.


Para menteri dalam negeri UE akan bertemu di Luxembourg, Selasa ini, berusaha menyepakati respon atas usul Komisi Eropa yang dianggap kontroversial, karena mengatur penempatan migran secara merata ke negara-negara anggota.


Austria, Hungaria, Prancis dan Swiss mengancam akan menutup perbatasan mereka bagi para migran, apabila Italia benar-benar melakukan ancamannya memberikan visa bagi para migran.


Situasi di Eropa saat ini, benar-benar memperlihatkan sikap berbeda, dari negara-negara yang biasanya bersuara keras saat menekan negara lain, terkait persoalan kemanusiaan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya