AL Malaysia Melakukan Kontak dengan Pembajak Tanker

Kapal tanker Malaysia MT Orkim Harmony, yang sebelumnya dibajak namun berhasil ditemukan.
Sumber :
  • Akun Twitter Abdul Aziz Jaafar (Panglima Angkatan Laut Malaysia)
VIVA.co.id
Perangi Pembajak, RI dan Malaysia Bentuk Tim Satgas Patroli
- Kapal angkatan laut (AL) Malaysia telah melakukan kontak dengan para pembajak tanker Orkim Harmony, Kamis, 18 Juni 2015, serta berusaha membujuk mereka agar menyerah.

WNI Pembajak Tanker Malaysia Dipindah ke Hanoi

Pejabat Malaysia yang dikutip
Kemlu Pastikan Pembajak Kapal Malaysia WNI
Reuters , mengatakan tanker terlihat pada siang hari di perairan Vietnam menuju ke selatan, kini dalam pengejaran kapal AL Malaysia, KD Terengganu.


Laksamana Madya Ahmad Puzi mengatakan, kru dan kargo tanker dalam kondisi aman, sementara personel AL Malaysia melakukan negosiasi melalui kapten Orkim Harmony.


"Berdasarkan pengalaman kami, selama tidak ada situasi yang mengkhawatirkan para kriminal, kru akan aman," kata Puzi, wakil dirjen unit operasi otoritas penegak hukum maritim Malaysia.


Puzi mengatakan pihaknya menggunakan pendekatan lunak, dengan menyarankan agar para pembajak menyerah. Dia menambahkan suasana negosiasi sangat baik.


Orkim Harmony dibajak pada 11 Juni, sekitar 30 mil laut dari pelabuhan Tanjung Sedili, Johor, membawa 50.000 barel bahan bakar minyak (BBM) RON 95, yang merupakan insiden kedua selama Juni.


Terdapat 22 kru terdiri dari 16 orang Malaysia dan lima warga negara Indonesia (WNI), juga satu orang Myanmar. Pembajak mengecat ulang kapal dan mengganti nama kapal. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya