Pesawat Tak Berawak Tewaskan Pemimpin ISIS di Afganistan

Militan ISIS menggunakan tank tempur.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Hafiz Saeed, pemimpin kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di wilayah Afghanistan dan Pakistan, dilaporkan tewas dalam serangan pesawat tak berawak.

Merasa Tersudut, ISIS Deklarasikan Perang Melawan Rusia

Dilansir BBC, Senin 13 Juli 2015, Badan Intelijen Afghanistan (NDS) mengatakan Saeed dilaporkan tewas di Achin, timur Provinsi Nangarhar, Afghanistan pada Jumat malam pekan lalu.

Namun, ISIS menolak klaim tersebut, kelompok militan tersebut mengatakan kepada BBC bahwa Hafiz Saeed Khan masih 'hidup'.

Meskipun ISIS membantah kematian Saeed, kelompok militan itu mengonfirmasi bahwa Shahidullah Shahid, seorang mantan anggota Taliban Pakistan yang membelot ke kelompok mereka, tewas dalam serangan tak berawak itu.

Shahid merupakan tokoh yang paling menonjol dari kelompok ISIS. Ia muncul dalam video yang difilmkan bulan Januari, kemungkinan diambil di Pakistan dan berjanji setia pada ISIS.

Selain menewaskan Shahid, sekitar 30 pejuang ISIS lainnya juga dilaporkan tewas dalam serangan itu. Tetapi, belum ada verifikasi independen mengenai hal tersebut.

Malvi Abdurrahim Muslimdost, seorang pemimpin kelompok di Afghanistan mengatakan kepada BBC, anggota senior lainnya, Gul Zaman, juga dilaporkan tewas.

Pernyataan tersebut, merupakan yang kali pertama bagi kelompok ISIS mengonfirmasi kematian dua pemimpin mereka.

NDS mengatakan, serangan pada Jumat itu dilakukan oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat, berkoordinasi dengan intelijen yang disediakan oleh agen mata-mata.

Seorang juru bicara NDS mengatakan kepada BBC, serangan tersebut dikombinasikan dengan serangan pesawat tak berawak pada Selasa pekan lalu itu akan memiliki dampak yang signifikan pada keamanan Afghanistan. (asp)

Ilustrasi video game

UEA: Teroris Sebarkan Radikalisme Lewat Video Game

Pemerintah Uni Emirat Arab sudah mengeluarkan peringatan.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016