Gunung Raung Disorot Dunia

Gunung Raung
Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru

VIVA.co.id - Gunung berapi di tiga negara, Meksiko, Chile dan Indonesia yang meletus akhir pekan lalu disorot dunia. Letusan gunung tersebut menyebabkan pembatalan penerbangan di Asia Tenggara dan ribuan orang di evakuasi.

Dilansir Daily Mail, Senin 13 Juli 2015, Gunung berapi Colima di barat Meksiko yang meletus akhir pekan ini memuntahkan abu dan api menyebabkan ratusan orang terpaksa diungsikan dari desa.

Selain itu, juga mengakibatkan bandara setempat ditutup, karena otoritas telah menetapkan untuk area sekitar 7,5 mil tidak ada aktivitas. Karena kekhawatiran letusan besar dapat mengikuti.

Kemudian, Gunung berapi Villarrica, di Cili yang terletak sekitar 460 mil selatan ibukota Santiago telah meletus pada Sabtu malam, 11 Juli 2015. Villarrica yang terletak di dekat resor wisata populer Pucon termasuk yang paling aktif di Amerika Selatan.

Sementara itu di Indonesia, Gunung Raung di Jawa Timur Indonesia yang meletus selama berminggu-minggu terpaksa menutup bandara di Bali, Indonesia. Bandara tersibuk di Indonesia itu telah ditutup dua kali dalam beberapa hari terakhir.

Pertama pada Kamis pekan lalu, kemudian dibuka kembali dua hari kemudian. Namun ditutup kembali pada Minggu pagi, karena abu kembali mengepul.

Namun hanya berlangsung beberapa jam dan bandara dibuka kembali pada sore hari, karena abu telah bergeser, otoritas pemerintah mengetakan.

“Operasi telah normal kembali, namun pesawat yang terbang masuk dan kelar dari arah barat untuk menghindari abu,” kata Juru Bicara Kementrian Transportasi JA Barata.

Dampak Gunung Raung Sampai ke Bandara Semarang

Ahli Gunung Api Indonesia, Gede Suantika, mengatakan Gunung Raung terus meletus sampai hari Minggu, memuntahkan abu hingga 3.200 kaki ke udara, dan angin di pagi hari mendorong awan debu menuju Bali, sekitar 90 mil.

Lalu lintas udara secara teratur terganggu oleh letusan gunung berapi di Indonesia, yang duduk di sabuk aktivitas seismik berjalan sekitar cekungan Samudra Pasifik dan merupakan rumah bagi jumlah tertinggi gunung berapi aktif di dunia, sekitar 130.

Dilansir Guardian, akhir pekan lalu, ribuan wisatawan asing terlantar di Bali akibat letusan gunung Raung tersebut. Bali menjadi tujuan utama jutaan wisatawan setiap tahun.

Selain itu, di Indonesia gunung berapi aktif lainnya yaitu Gunung Sinabung di Sumatera yang telah meletus selama dua bulan. Sehingga memaksa lebih dari 10.000 orang di evakuasi.

Gunung Raung

Gunung Raung Mulai Stabil, Statusnya Diturunkan Jadi Waspada

Masyarakat diimbau tidak beraktivitas pada radius dua kilometer.

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2015