Yunani Kembali 'Disuntik' Dana, Pasar Bahagia

Sejumlah pensiunan di Athena mengikuti aksi demonstrasi anti-penghematan
Sumber :
  • REUTERS/Marko Djurica
VIVA.co.id
Ekonomi di Zona Euro Tumbuh 15%
- Index saham blue-chips zona euro, Euro STOXX 50 langsung naik 1,3 persen. Pertanda positif juga tampak pada indeks saham pan-Eropa FTSEurofirst 300, yang naik satu persen, setelah diumumkannnya kesepakatan di Brussels.

Delapan Kebijakan OJK Topang Ekonomi Nasional

Laman
Alexis Tsipras Kembali Terpilih Jadi PM Yunani
Telegraph , Senin 13 Juli 2015, menyebut pasar memperlihatkan suasana bahagia, setelah para pemimpin Uni Eropa (UE) Donald Tusk mengumumkan, tercapainya kesepakatan dalam negosiasi dana talangan ketiga bagi Yunani.


Salah satu dari beberapa hal sulit, yang dibicarakan para pemimpin negara zona euro di Brussels, adalah penempatan aset-aset Yunani sebesar 50 miliar euro, dalam skema 'dana jaminan' yang akan digunakan untuk membayar kreditor.


Yunani sebelumnya tidak menyetujui jumlah, serta lokasinya harus di Yunani. Diduga, Yunani hanya berhasil dalam tuntutan lokasi, namun tidak dengan jumlahnya, walau akan ada kompromi.


Hasil dari negosiasi itu, sebesar 12,5 miliar euro akan digunakan untuk apa yang disebut "inisiatif pertumbuhan," sedangkan sisanya sebesar 37,5 miliar euro akan digunakan untuk membayar utang pada para kreditor asing.


Sejumlah pihak mempertanyakan, apakah kesepakatan itu akan efektif, untuk menempatkan perekonomian Yunani pada jalan perbaikan, atau bakal menjerumuskan negara itu lebih jauh keluar dari jalan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya