Jelang Lebaran, KBRI Damaskus Pulangkan 30 TKW

TKW Damaskus dipulangkan
Sumber :
  • KBRI Damaskus

VIVA.co.id - Jelang hari raya Idul Fitri, KBRI Damaskus kembali memulangkan (repratriasi) sebanyak 30 TKW ke Indonesia pada Rabu 15 Juli 2015. Pemerintah Indonesia melakukan moratorium tenaga kerja di Suriah, akibat konflik di sana yang belum juga berakhir.

Duta Besar RI untuk Suriah, Djoko Harjanto, dlalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Rabu 15 Juli 2015, mengatakan misi utama KBRI Damaskus di Suriah adalah perlindungan dan repatriasi WNI yang sudah dilakukan Sejak September 2011.

“Terlebih lagi dengan kondisi keamanan di Suriah yang semakin memburuk, Pemerintah RI telah melakukan moratorium pengiriman tenaga kerja dan melakukan repatriasi terhadap seluruh WNI di Suriah,” ujar Djoko.

Pemerintah RI menetapkan TKW/PLRT yang masuk setelah masa moratorium sejak September 2011 ke Suriah, merupakan korban dari perdagangan orang (Tindak Pidana Perdagangan Orang/TPPO).

Dengan keberangkatan sebanyak 30 orang TKW tersebut,  KBRI Damaskus telah merepatriasi sebanyak 7.786 orang WNI dari Suriah sejak 2011.

Kisah Perjalanan Para TKI Jadi Korban Kerja Paksa di Malaysia

Sementara itu, masih terdapat 80 TKW yang masih diperjuangkan hak-haknya di penampungan sementara (shelter) KBRI Damaskus. Sebanyak 25 orang dari mereka adalah korban perdagangan manusia.

30 TKW yang direpatriasi itu akan dipulangkan melalui Beirut-Lebanon, dan akan dilanjutkan proses kepulangannya oleh KBRI Beirut. Dalam rombongan tersebut, terdapat lima orang TKW asal Jawa Barat dan NTB korban perdagangan manusia yang berhasil diselamatkan dan diperjuangkan hak-haknya oleh KBRI Damaskus.

Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Damaskus, AM. Sidqi mengatakan, salah satu kendala terbesar repatriasi adalah masih terus mengalirnya TKW korban perdagangan manusia masuk ke Suriah kendati dalam negeri tersebut dalam keadaan perang hingga saat ini.

Sebanyak tujuh TKW korban baru perdagangan manusia masuk ke shelter KBRI Damaskus. Kebanyakan dari mereka berasal dari sindikat gelap penyalur TKW di Indonesia, atau operan dari agen TKW asal negara Oman, yang telah habis kontraknya.

“Melihat kondisi seperti ini, maka repatriasi WNI dari Suriah akan sulit dipastikan selesai. Jika tidak disetop dari Tanah Air, KBRI Damaskus akan 'cuci piring' tidak habis-habis," kata Sidqi. (asp)

Sebar Video Majikan Telanjang, TKI di Singapura Dibui 17 Bulan Penjara
BBC Indonesia

Cerita TKI Hong Kong Kena COVID-19 Ditelantarkan Majikan

Koalisi organisasi pekerja migran di Hong Kong mengatakan para pekerja rumah tangga "ditelantarkan" di tengah pandemi gelombang kelima.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2022