Mantan Gubernur Meninggal, Serangan Jantung di Persidangan

Andal Ampatuan
Sumber :
  • Reuters/Joseph Agcaoili
VIVA.co.id
Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024
- Tersangka utama pembunuhan massal jurnalis pada 2009 di selatan Filipina, Andal Ampatuan Senior, dilaporkan meninggal pada Jumat waktu setempat, 17 Juli 2015, setelah terkena serangan jantung di persidangan.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Dikutip dari
5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan
Reuters pada Sabtu 18 Juli, mantan gubernur Provinsi Maguindanao di Pulau Mindanao, berusia 74 tahun itu, yang pernah berkuasa selama satu dekade, telah dimakamkan secara Islam pada Sabtu pagi.


Ampatuan bersama dengan tiga putranya, diadili sejak 2010, untuk kasus pembunuhan 58 orang, sebagian besar jurnalis setempat, yang dikubur dalam kuburan-kuburan dangkal di desa terpencil Maguindanao.


Total 198 tersangka telah terindentifikasi atas keterlibatan mereka dalam pembantaian, tetapi hanya 120 orang yang ditangkap. Salah satu putranya, Sajid, dibebaskan dengan jaminan, karena kurangnya barang bukti.


Komite Perlindungn Jurnalis (CPJ), menyebut pembantaian di Maguindanao, sebagai insiden paling mematikan bagi jurnalis sepanjang sejarah.


Bahkan, sebelum pembantaian, CPJ menyebut Filipina sebagai negara paling berbahaya kedua bagi jurnalis, setelah Irak pada urutan pertama.


Menurut data-data yang diungkap di pengadilan, 58 orang korban dibawa ke bukit, di mana mereka diekskusi mati dan dilempar ke kuburan massal, bersama dengan kendaraan mereka. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya