Cameron ke Asia untuk Buka Pintu Perdagangan

PM Inggris David Cameron
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Inggris Abaikan Propaganda ISIS
- Perdana Menteri Inggris David Cameron akan tiba di Indonesia, Senin sore, 27 Juli 2015, yang akan menjadi awal dari empat hari kunjungannya ke Asia Tenggara. Selain Indonesia, dia juga akan berkunjung ke Singapura, Vietnam, dan Malaysia.

Elizabeth II Jadi Ratu Terlama yang Pimpin Inggris

Dikutip dari pernyataan Kedutaan Besar Inggris di Indonesia, kunjungan Cameron merupakan bagian dari upaya pemerintah Inggris meningkatkan ekspor mereka hingga 1 triliun poundsterling atau hampir Rp21.000 triliun pada 2020.
Inggris Lirik Investasi Sektor Energi dan Industri Kreatif


"Perdana Menteri melakukan misi perdagangan pertama parlemen baru, ke kawasan yang diperkirakan akan bertumbuh 5 persen tahun ini, dan dengan potensi untuk membuka kesempatan besar bagi lapangan kerja dan pertumbuhan di Inggris."


Pemerintah Inggris juga akan menyediakan hingga 1 miliar pounsterling atau Rp21 triliun, untuk pembiayaan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia, melalui skema jaminan ekspor, yang akan memberi jalan bagi pertumbuhan ekspor senilai 200 juta pounsterling.


Beberapa proyek yang siap dibiayai, termasuk sistem pengolahan limbah di Jakarta, senilai 400 juta pounsterling atau Rp8,36 triliun. Serta proyek-proyek geothermal senilai 66 juta pounsterling atau Rp1,38 triliun.


Selain meningkatkan perdagangan bilateral dengan Indonesia, Cameron juga akan menyasar perjanjian Uni Eropa (UE)-Asean. Menjadi PM Inggris pertama yang berkunjung ke markas Asean di Jakarta, dia akan menyerukan negosiasi perjanjian perdagangan bebas UE-Asean.


Perjanjian perdagangan bebas dua blok perdagangan dengan kombinasi PDB lebih dari $20 triliun, berpotensi menguntungkan perekonomian Inggris hingga 3 miliar pounsterling per tahun, atau hampir 120 pounsterling untuk setiap rumah tangga Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya