Lemhanas Merasa Terhormat Dikunjungi Presiden Turki

Presiden Turki Berikan Kuliah Umum di Lemhanas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
DPR Dukung Kerja Sama Industri Militer Indonesia-Turki
- Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Budi Susilo Soepandji, merasa terhormat institusinya dikunjungi oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan pada hari ini. Erdogan menjadi pemimpin negara asing pertama yang berkunjung ke Lemhanas dalam periode tiga dekade terakhir. 

Erdogan Pakai Bahasa Turki di Lemhanas, Tolak Diterjemahkan
Hal itu diucapkan Budi ketika memberikan sambutan di acara kuliah umum Erdogan di auditorium Lemhanas pada Jumat, 31 Juli 2015. 

Erdogan: Menyelamatkan Pengungsi Itu Ajaran Islam
"Kunjungan Yang Mulia Erdogan sungguh merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan luar biasa bagi Lemhanas, mengingat ini tahun emas keberadaan Lemhanas. Ini (kunjungan pemimpin negara asing) yang pertama setelah tiga dekade terakhir Lemhanas dikunjungi Presiden,” kata Budi. 

Dia menceritakan, Lemhanas diresmikan pertama kali oleh Presiden Soekarno pada 10 Mei 1945, sebagai lembaga tertinggi untuk menyiapkan kader-kader pimpinan tingkat nasional dan lembaga kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Budi turut menyebut kedatangan Erdogan menjadi berkah istimewa bagi Lemhanas, terutama peserta pendidikan. 

"Kunjungan akan memperluas pemahaman akan pentingnya hubungan Indonesia dan Turki di masa yang akan datang," kata Budi. 

Dalam kuliah umumnya, Presiden ke-12 Turki itu memaparkan situasi di negaranya yang bersedia menampung pengungsi. Dia mengatakan, Turki telah menampung banyak pengungsi akibat konflik di Suriah dan Irak. 

"300 ribu orang dari Irak, 1,7 juta orang dari Suriah, total ada 2 juta pengungsi yang masuk ke Turki dan kami terima," kata Erdogan. 

Saat ini, Erdogan tengah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Dia akan berada di Jakarta hingga Sabtu esok. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya