Kim Jong-un Eksekusi Mati Wakil Perdana Menteri Korut

Kim Jong Un selalu mengabaikan sanksi yang dijatuhkan AS dan PBB.
Sumber :
  • REUTERS/KCNA
VIVA.co.id
Respons 'Miring' Ambisi Korea Utara Kirim Bendera ke Bulan
- Pemimpin tertinggi Korea Utara kembali mengeksekusi pejabat tingginya. Kali ini yang menjadi korban adalah Wakil Perdana Menter, Choe Yong Gon (63 tahun). 

Korea Utara Berambisi Tancapkan Bendera di Bulan
Dikutip dari kantor berita Reuters, Rabu, 12 Agustus 2015, Kim mengeksekusi Choe lantaran dia tidak sepakat dengan kebijakan pemimpin berusia 30 tahunan itu mengenai isu kehutanan. Selain itu, di mata Kim, kinerja Choe terus memburuk.

Korut Retas Surat Elektronik Petinggi Korea Selatan
Menurut seorang sumber yang dikutip kantor berita Yonhap, mantan delegasi untuk kerja sama Korut dan Korea Selatan itu kemudian dieksekusi mati dengan cara ditembak.

Kementerian Unifikasi Korsel yang menangani hubungan kedua Korea mengatakan kepada Reuters melalui pesan pendek, Choe sudah tak terlihat di depan publik selama delapan bulan terakhir. 

Mereka mengaku terus memperhatikan situasinya secara cermat. Sementara itu, badan intelijen Korsel menolak memberikan komentar mengenai adanya laporan eksekusi Choe. 

Laman Dailymail melansir Choe kemungkinan dieksekusi pada Mei lalu. Padahal, dia baru mengemban tugas itu pada Juni 2014. Jika berita ini dikonfirmasi, maka Choe menjadi pejabat tinggi yang dilaporkan dieksekusi pada tahun ini.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan, Hyon Yong-Chol dilaporkan dieksekusi pada April lalu dengan cara yang sadis. Dia dieksekusi dengan menggunakan senjata anti pesawat hanya karena sering membantah kalimat Kim dan tertidur di acara parade militer. 

Eksekusi dipilih Kim untuk menunjukkan kepemimpinannya yang tegas. Kim juga berharap bisa memberikan contoh bagi pejabat lain jika ada yang berani membantahnya. 

Korut tidak pernah mengkonfirmasi telah mengeksekusi Hyon yang diduga terjadi pada Mei lalu. Namun, mereka mengumumkan Hyon telah digantikan oleh Menhan lain yaitu Pak Yong Sik pada Juli lalu. 

Data dari badan intelijen Korsel, Kim telah mengeksekusi puluhan pejabat tinggi sejak mengambil alih tongkat kepemimpinan dari Ayahnya Kim Jong-il pada Desember 2011 lalu.

Pyongyang pernah sekali mengkonfirmasi telah mengeksekusi pejabat tinggi yakni paman Kim, Jang Song-Thaek. Jang dieksekusi karena korupsi dan berkhianat. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya