Ini Foto Tersangka Pembom Kuil Bangkok

Pria diduga pelaku pengeboman di depan Kuil Erawan
Sumber :
  • REUTERS/Thai Police/Handout via Reuters
VIVA.co.id
Indonesia-Thailand Kuatkan Kerja Sama Ekonomi
- Polisi kini tengah memburu seorang pria yang mengenakan kaos berwarna kuning dan terekam di kamera pengawas (CCTV). Dalam rekaman kamera CCTV, pria itu mengenakan tas ransel, lalu tas tersebut ditinggalkan di depan pintu pagar Kuil Erawan. 

Thailand Heran RI Tak Impor Bawang Merah
BBC edisi Selasa, 18 Agustus 2015 melansir otoritas berwenang telah menyebarkan foto pria yang diduga sebagai pelaku pengeboman itu. Di dalam rekaman kamera itu, tersangka terlihat bangkit dari tempat duduk di dalam kuil perlahan-lahan.

Ledakan di Thailand, Satu Tewas
Usai meletakkan tas ranselnya, dia kemudian segera meninggalkan kuil. Tak lama setelah itu, tiba-tiba terjadi ledakan dan menewaskan 22 orang serta melukai ratusan orang di perempatan Rajaprasong. 

Dari 22 korban tewas, sebagian besar merupakan warga Thailand. Walaupun terdapat juga delapan warga asing, salah satunya berasal dari Indonesia. 

Kepala Polisi Nasional, Jenderal Somyot Poompanmoung, membenarkan sosok pria yang ada di dalam CCTV tengah menjadi fokus pengejaran polisi. Kini, polisi melakukan perburuan di berbagai tempat. Semua titik masuk menuju ke Thailand seperti area perbatasan dan bandara mulai dijaga ketat dan diinformasikan mengenai ciri-ciri tersangka. 

Menurut Somyot, tersangka kabur meninggalkan Kuil Erawan menggunakan taksi motor menuju ke Jalan Silom. Dia kemudian mengumumkan agar pengemudi motor itu segera menghubungi polisi. Somyot mengatakan, saat ini, hanya pria berkaos kuning itu yang menjadi satu-satunya tersangka utama. 

Identitas dan kewarganegaraan tersangka hingga saat ini masih belum bisa dikonfirmasi. 

Somyot mengatakan bom yang digunakan pelaku memiliki daya ledak tinggi. Dia menyebut di dalam pipa PVC diisi dengan bahan 3 kilogram TNT. 

"Siapa pun yang membuat bom ini sangat kejam dan bertujuan untuk membunuh orang. Meletakkan sebuah bom di kuil itu berarti mereka ingin melihat banyak orang tewas," kata Somyot. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya