Memperingati HUT Ke-70, Kemlu Pamer Pencapaian

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fanny Kusumawardhani
VIVA.co.id
'Cultural Coffee Morning', Promosi Indonesia ala Kemlu
- Pada hari ini, Kementerian Luar Negeri RI genap memasuki usia 70 tahun. Memasuki usia itu, Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi mengaku bangga karena Kemlu telah melakukan berbagai gebrakan. 

Menlu Retno: Belum Ada Laporan WNI jadi Korban Bom Pakistan
Demikian dikatakan Retno ketika memberikan sambutan di acara peringatan ke-70 Kementerian Luar Negeri. Salah satu gebrakan yakni terpilihnya Retno sebagai Menlu perempuan pertama di Indonesia. 

Diskusi Empat Jam, Bali Process Hasilkan Dua Dokumen
"Tantangan kita saat ini adalah kecepatan dan profesionalisme dalam memberikan pelayanan untuk Indonesia. Oleh karena itu, saat ini kami semakin memperkuat profesionalisme organisasi Kemlu," kata Retno. 

Dia menyebut, Kemlu merupakan satu dari 12 kementerian yang secara langsung dibentuk dan diresmikan sesaat setelah Indonesia meraih kemerdekaan. Kemlu, kata Retno, juga tengah gencar melakukan reformasi birokrasi. 

Selain itu, Kemlu melakukan beberapa kebijakan baru, seperti menyediakan ruang perawatan anak dan ruang laktasi bagi para pegawai yang membutuhkan. 

"Tahun ini, Kemlu juga memperoleh ISO 9001-2008 untuk pelayanan paspor diplomatik dan paspor dinas. Kami juga berhasil meraih ISO untuk aspek flight clearance pesawat yang tidak terjadwal," kata Retno. 

Tidak berhenti sampai di sana, Kemlu RI juga dengan bangga mengumumkan keberhasilannya mencapai peringkat ke-4 terbaik se-Indonesia dalam bidang kearsipan.

Untuk semakin menunjukkan kualitas pelayanan yang diberikan, Retno mengimbau agar seluruh diplomat yang ada di Kemlu RI dapat menunjukkan sikap profesionalisme serta meningkatkan integritas masing-masing.

"Kemlu siap memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia," ujar Retno menambahkan. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya