Menteri Kehakiman Australia Mahir Pukul Beduk Masjid

Kunjungan Paul Grigson dan Michael Keenan ke Masjid Istiqal
Sumber :
  • VIVA.co.id / Rebecca Reifi Georgina
VIVA.co.id
RI-Australia Sepakat Tangani Kejahatan Lintas Batas Negara
- Dalam kunjungannya ke Masjid Istiqlal hari ini, Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson, mendampingi Menteri Kehakiman/Menteri Pembantu Perdana Menteri, Bidang Pemberantasan-Terorisme Australia, Michael Keenan. Dalam kesempatan itu, Michael diajak berkeliling melihat secara langsung masjid Indonesia yang megah itu.

Australia Gandeng RI Telusuri Pembiayaan Terorisme

Baca juga:
Kunjungi RI, Menteri Kehakiman Australia Bahas Isu Terorisme


Michael dan Paul sampai di masjid pukul 14.45 WIB, keduanya beserta rombongan lalu dipersilahkan masuk, tentunya dengan lebih dulu membuka sepatu, sebagai aturan menghormati rumah ibadah suci. Oleh Wakil Kepala Pengurus dan Pelaksana Masjid Istiqlal, Mobarok, keduanya diajak berkeliling ke beberapa titik penting di sana.


Momen yang berkesan, ketika Mobarok menunjukkan cara memukul bedug bagi keduanya. Michael yang penasaran, tanpa ragu lalu mencoba. Tak mau kalah, Paul pun diberi kesempatan sama memukul bedug, yang tanpa disangka, keduanya ternyata mahir.


Setelah itu, rombongan kembali berjalan mengitari masjid seluas 9.32 hektar. “Saya senang memiliki kesempatan mengunjungi masjid ini, terlebih ini salah satu masjid terpenting di Indonesia,” kata Michael. Dari kunjungan ini, ia mengaku mendapat pesan penting, bahwa diperlukan toleransi antar umat beragama.


“Indonesia negara dengan banyak kebudayaan dan agama, dapat menciptakan toleransi dengan baik. Masjid ini sebagai salah satu cara merepresentasikannya, bahwa Indonesia dan kami dapat juga saling toleransi,” ujar Michael.


Australia, lanjut Michael, mencoba menyebarkan pemahaman untuk mengajarkan masyarakatnya dapat saling toleransi. “Kami menghormati agama dan kepercayaan orang lain,” kata dia. (ren)




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya