Purwakarta Gandeng Amerika Kembangkan Industri Kreatif

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jay Ajang Bramena
VIVA.co.id
Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
- Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Dedi Mulyadi akan mengirimkan 20 pelajar terbaik ke Amerika Serikat untuk mengikuti pelatihan pendidikan karakter dan mempelajari mengenai industri kreatif. Hal ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Purwakarta. 

Sistem 'Full Day School' Dinilai Cocok Hanya untuk SMA
Demikian ungkap Dedi yang ditemui pada Jumat, 21 Agustus 2015. Agar bisa mengirimkan pelajar ke sana, Dedi telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Negeri Paman Sam. Pendekatan dilakukan dengan terbang langsung ke AS beberapa hari lalu. 

Mendikbud Anteng Kena 'Bully' Soal Full Day School
Di sana dia melakukan pertemuan dengan Wakil Direktur Kantor Urusan Maritim Asia Tenggara, Rachel L Cooke dan Senior Desk Officer for Indonesia, Andrew M. Veprek, dan Country Coordinator, Brent J. Larosa. Hasilnya dicapai kesepakatan untuk memperkuat kerja sama di bidang pendidikan. 

"Kesepakatannya sudah dicapai dan dilakukan di sela waktu saya menjadi pembicara di gedung PBB," kata Dedi.

Dia menjelaskan bentuk kerja sama yang dijalin di bidang pendidikan meliputi
pendidikan berbasis karakter untuk melahirkan siswa yang kreatif di bidang pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan dan industri kreatif.

Selain itu, nantinya kedua pihak akan melakukan penguatan teknologi yg berbasis produktivitas dengan mengirimkan tenaga ahli dari AS ke Purwakarta pada bulan November. Pemerintah Daerah Purwakarta juga berniat untuk menggelar olimpiade pendidikan karakter di bulan Desember dan mendatangkan juri dari AS.

"Hasilnya, sebanyak 20 peserta terbaik akan diberangkatkan ke AS untuk mengikuti pelatihan pola pikir sesuai dengan karakter pendidikannya masing masing," kata Dedi. 

Selain menjalin kerja sama di bidang pendidikan, kehadiran Dedi di AS untuk menghadiri beberapa acara dan menjadi nara sumber di media. Dia menceritakan keberhasilan membangun Purwakarta dan perannya dalam mengembangkan budaya tradisional kabupaten tersebut. 

Laporan: Jay Ajang Bramena

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya