'Diplomasi Cendol' Xanana Gusmao dan Rizal Ramli

Rizal Ramli dan Xanana Gusmao
Sumber :
  • Mitra Angelia
VIVA.co.id
Dukung Rizal Ramli Maju Pilkada, Buruh Mulai Keliling Pabrik
- Mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, mengungkapkan bahwa Perdana Menteri dari negaranya, Rui Maria De Araujo, akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada hari Rabu, 26 Agustus mendatang.

Rizal Ramli tentang Ahok: Serahkan pada Tuhan Menghukumnya
 
Rizal Ramli Tutup Mulut Ditanya Pilkada Jakarta
Demikian ungkap Xanana ketika kunjungi kediaman Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, pada Minggu 23 Agustus 2015 di Jl. Bangka IX no 49, Jakarta Selatan. Salah satu agenda pertemuan Xanana adalah memberitahukan kabar kunjungan PM Timor Leste tersebut pada Menko Rizal.
 

“Ya, oleh karena itu, kita kan teman lama, jadi beri tahu, hei, PM Timor Leste akan ke sini ya, begitu loh.. lobi-lobi,” ujar Xanana sambil tertawa bersama Rizal.

 

Rizal dan Xanana mengaku mereka adalah kawan lama. Kedua pejabat ini  pernah sama-sama mendekam di balik jeruji besi sebagai tahanan politik Orde Baru pada dekade 1990an.

 

“Jadi kita teman lama. Tahun 2008 Pak Xanana undang saya ke Timor Leste ajak makan siang di rumahnya di gunung, di puncak gunung,” ujar Rizal.

 

Rizal menceritakan, pada zaman Orde Baru, Xanana pernah dipenjara di Cipinang selama tujuh tahun. Rizal sendiri di penjara Sukamiskin, Bandung, selama satu setengah tahun.


Keakraban keduanya semakin tampak kala tuan rumah menyuguhkan cendol untuk tamunya itu. Xanana, mantan pejuang dan kini negarawan Timor Leste, antusias menikmati jamuan dari Rizal Ramli.


"Pertama mencicipi, saya sangat menyukai cendol," kata Xanana saat akan meninggalkan kediaman Rizal pada Minggu, 23 Agustus 2015 di Jl. Bangka IX no 49, Jakarta Selatan, itu.


Xanana dan Rizal membahas kerja sama ekonomi kedua negara dan upaya untuk saling mempererat hubungan, terutama di bidang maritim.


"Kita mendengar, teman lama ini yang kami hormati sekali, sekarang di bagian maritim dan sumber daya, kita kan kepulauan, oleh karena itu, kita bicarakan sedikit," ujar Xanana.


Pertemuan kali ini adalah  pertemuan resmi pertama Rizal Ramli dengan pejabat negara lain setelah ditunjuk menggantikan Indroyono Soesilo sebagai Menko Maritim dan Sumber Daya pekan lalu. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya