800 Ribu Jemaah Haji Sudah di Mekkah

Kakbah.
Sumber :
  • REUTERS/Hassan Ali

VIVA.co.id - Sampai dengan hari ini, Jumat 11 September 2015, sebanyak 800 ribu jemaah haji telah tiba di Jeddah dari luar negeri untuk menjalankan ibadah haji tahun ini.

Tawaf dan Rahasianya

Data statistik yang dikeluarkan Departemen Paspor Arab Saudi, Kamis kemarin, menyebutkan 796.581 jemaah haji sudah mendarat di Arab Saudi, untuk mengikuti musim haji yang yang akan dimulai dalam 10 hari.

“Di antara mereka semua, 780.474 peziarah datang dengan menggunakan pesawat, 9.039 melalui perjalanan darat, dan 7.068 melalui laut,” kata seorang juru bicara dari departemen tersebut seperti dilansir Arab News.

Pemerintah setempat telah mempersiapkan langkah-langkah khusus untuk memastikan keamanan para jemaah. Masjidil Haram di Mekkah dan halamannya yang luas, dikemas sedemikian rupa untuk menyambut jemaah.

Sementara itu, jemaah wanita tua banyak menghabiskan waktu beribadah di sana, beberapa di antaranya bertawaf, mengucapkan doa membaca ayat Al Quran.

Satu Jam di Masjid Nabawi

“Sebagian besar di antara mereka sudah berada di Mekkah. Hampir 60 ribu jemaah  yang sudah tinggal di Kabupaten Aziziyah, Mekkah,” kata seorang Konsul Jenderal India, B.S. Mubarak.

Ia berpendapat, cuaca yang menyelimuti jemaah dalam beribadah sangat baik beberapa hari ini. Dia memastikan, mereka semua berada dalam kondisi yang baik-baik dan sibuk dengan kegiatan beribadah masing-masing.

Awalnya, cuaca sangat buruk sejak 6 Agustus hingga 1 September. Suhu udara melonjak jauh di daerah Mekkah dan Madinah.

Sedangkan Konsul Jenderal Pakistan, Aftab Ahmed Khokher, mengatakan jemaah dari Pakistan berada dalam kesehatan yang baik.

“Hampir 100 ribu dari 143.368 sudah tiba di Arab. Jemaah haji kami akan terus berdatangan hingga 17 September,” ujar Direktur Umum Haji di Pakistan, Syed Abu Ahmad Akif. (asp)

Hari Ini 15 Kloter Jemaah Berangkat ke Tanah Suci
Anggota Komisi VIII Desy Ratnasari

Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji

Uang itu tak boleh digunakan sembarangan.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2017