Partai Lee Hsien Loong Kembali Berkuasa di Singapura

PM Singapura, Lee Hsien Loong.
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su
VIVA.co.id
Maskapai Ini Resmi Punya Pilot Perempuan
- Lee Hsien Loong dipastikan kembali menduduki jabatan sebagai Perdana Menteri Singapura, setelah partai yang dia pimpin, Partai Aksi Rakyat (PAP) berhasil memenangkan pemilihan umum parlemen yang digelar pada Jumat pekan lalu. PAP berhasil meraup suara sebanyak 69,9 persen dalam pemilu. 

Nikita Mirzani Pamer Aksi di Meja Judi Singapura
Dikutip dari kantor berita Reuters, Minggu, 13 September 2015, angka itu lebih tinggi jika dibandingkan suara yang mereka raup di tahun 2011 lalu yang hanya mencapai 60,1 persen. PAP juga hanya berhasil memperoleh 79 kursi dan 87 kursi yang dipertaruhkan di parlemen. 

Borong Barang Mewah di Singapura, Nikita Mirzani Dihujat
Sementara, dalam pemilu tahun ini, PAP berhasil meraup 83 kursi dari 89 kursi di parlemen yang dipertaruhkan. Partai Pekerja (WP) hanya berhasil memperoleh enam kursi. Hal tersebut memupuskan ambisi WP yang ingin menumbangkan dominasi PAP yang telah berkuasa berturut-turut sejak tahun 1965 lalu. 

Dalam keterangan persnya, Lee yang juga menjabata sebagai Sekretaris Jenderal PAP mengatakan pemerintahannya telah mengambil berbagai langkah untuk memenuhi tuntutan publik. Bahkan, dia berjanji akan melakukan lebih baik. 

"Kami akan melipatgandakan upaya ini, tetapi kami juga harus melakukan dengan cara mempertahankan kekuatan yang unik dalam sistem yang telah Singapura miliki," kata Lee. 

Kekuatan itu, kata Lee, termasuk kemampuan untuk mempertahankan kesepakatan nasional yakni untuk tetap membiarkan politik bersih dan mengambil keputusan-keputusan politis yang terbaik untuk kebutuhan rakyat. 

PAP yakin kemenangan dan semangat patriotisme mereka terinspirasi dari peringatan 50 tahun kemerdekaan Singapura untuk menghormati mantan PM Lee Kuan Yew. Lee wafat pada bulan Maret lalu. 

"Hasil ini adalah peringatan yang kuat untuk semakin mempercayai diri kita sendiri, bahwa bangsa Singapura pada era Lee Kuan Yew mampu untuk menemukan formula kemenangan yang akan membuat kita semakin maju dan sukses,” kata Lee.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya