Pentagon Curiga Rusia Bangun Pangkalan Udara di Suriah

Parade Tank T-4 Armata.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Pentagon mencurigai kemungkinan Rusia membangun pangkalan udara di Suriah. Kecurigaan Pentagon didasarkan pada tingginya perpindahan barang dan personel Rusia di Suriah.

Helikopter Rusia Ditembak Jatuh

"Kami menyaksikan terjadinya perpindahan orang dan barang. Itu mengindikasikan bahwa mereka (Rusia) berencana menggunakan pangkalan udara di sana, di Latakia sebelah selatan, dan selanjutnya akan digunakan sebagai pangkalan udara," kata juru bicara Pentagon Jeff Davis.

Menurut situs Alarabiya.net, Rusia telah menempatkan sekitar enam buah tank di pangkalan militer Suriah. Dua petugas dari Amerika Serikat mengatakan pada Selasa, 15 September 2015, belum jelas apa tujuan Moskow menyimpan alat berat di Suriah.

Salah satu pejabat mengatakan, tujuh tank Rusia berjenis T-90 terus mengamati wilayah Latakia, sebuah wilayah yang memiliki dukungan kuat pada Presiden Bashar al Assad. Kedua pejabat itu menduga alat berat itu diposisikan untuk melindungi personel Rusia yang ditempatkan di sana.

Reuters sebelumnya melaporkan bahwa Rusia telah mengerahkan sekitar 200 pasukan infanteri angkatan laut ke lapangan terbang. Moskow juga telah mengirimkan sekitar dua penerbangan kargo setiap hari ke pangkalan selama sepekan terakhir.

Bangkai helikopter Rusia yang jatuh di Suriah.

Jasad Militer Rusia Ditahan Militan Suriah

Mereka minta pertukaran dengan anggota yang ditahan

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016