India Beri Beasiswa untuk Pemuda Indonesia

Duta Besar India dan penerima beasiswa ITEC
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina
VIVA.co.id
Selfie di Depan Singa, Denda Rp3 Juta
- Kedutaan Besar India di Jakarta kembali mengadakan Program Kerja Sama Teknik dan Ekonomi India (ITEC), di mana universitas-universitas di India membuka kesempatan bagi pemuda Indonesia untuk memperoleh beasiswa di India. Belasan universitas dari India mengundang pemuda dari Indonesia untuk bersama-sama belajar dan saling berbagi pengalaman.

Belum Bayar Utang Rp30 Ribu, Suami Istri Dibunuh
"Ini adalah program untuk jangka panjang. Dengan ITEC, pemuda Indonesia dapat belajar dan mendapatkan pengalaman berharga selama belajar di India," ujar Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh, yang ditemui di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan.

Korban Ledakan di India Jadi 100 Orang
Singh berpendapat, nantinya alumni-alumni ITEC yang telah kembali ke Indonesia dapat berbagi pengalaman mereka kepada teman dan keluarga mengenai India serta ilmu yang bisa diimplementasikan di Tanah Air.

"Hal ini sangat penting karena baik Indonesia maupun India sama-sama memiliki banyak sekali anak muda yang berpotensi menjadi pemimpin besar di masa mendatang. Mereka bisa berkontribusi dalam berbagai aspek maupun bidang penting yang akan membangun dunia seperti ekonomi dan demokrasi," tutur Singh.

Selain itu, kata Singh, program yang diberikan oleh ITEC maupun universitas secara langsung diyakini dapat mendidik para pemuda Indonesia sehingga mempunyai masa depan yang lebih baik. India melihat peluang dan potensi yang begitu besar yang dimiliki oleh Indonesia. Dia menegaskan setiap universitas di India memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik untuk peraih beasiswa ITEC.

"Saya juga berharap para alumni sebelumnya dapat memberi dukungan bagi para peserta baru dalam mengenyam pendidikan mereka di India. Nantinya Anda semua akan memiliki kemampuan wirausaha di usia muda. India dan Indonesia bisa menentukan masa depan dunia," ucap dia.

Seorang alumni dari Universitas New Delhi, Nirmala, mengaku senang dengan pengalaman yang didapatnya selama berkuliah di India. Walaupun di India banyak kasus pelecehan terhadap perempuan namun Nirmala mengatakan dirinya tidak takut terhadap ancaman itu.

"Universitas di sana punya asrama perempuan, setiap radius beberapa puluh meter juga ada pos keamanan jadi sangat aman. Memang awal-awal ada perasaan takut tapi menurut saya kasus pemerkosaan juga banyak terjadi di manapun bukan hanya di India," ujar perempuan yang mengambil jurusan hukum itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya