Peringatan Tsunami di Chile Dicabut

tsunami melanda chile
Sumber :
  • REUTERS/Cristian Vivero

VIVA.co.id - Pusat peringatan tsunami di Hawaii dan pesisir California mencabut peringatan mereka terkait dengan kemungkinan terjadinya tsunami setelah gempa dengan skala besar menimpa Chile pada Rabu malam, 16 September 2015.

Dilansir dari Fox NEWS, Badan Pelayanan Cuaca Nasional mengatakan, ombak setinggi 3 kaki terdeteksi di Pelabuhan Hilo di Hawaii sekitar pukul 04.00 waktu setempat, Kamis, 17 September 2015. Namun, dilaporkan tidak ada kerusakan apa pun karena insiden itu.

Namun, badan penasihat tetap menganjurkan agar warga selalu berhati-hati, karena masih terjadinya perubahan keadaan laut yang bisa menjadi ancaman bagi beberapa daerah di kawasan itu.

Pusat Peringatan Tsunami Nasional Chile melaporkan, pelabuhan Ventura di California selatan mengalami tsunami setinggi 1,1 kaki. Sementara itu, San Diego mengalami hal serupa dengan ketinggian gelombang ombak 0,4 kaki.

Wapres Puji Respons Cepat Warga Sumatera Antisipasi Gempa

Gelombang ombak setinggi 0,8 kaki juga terdeteksi di Kota Crescent dekat dengan perbatasan Oregon.

Ahli pelabuhan, John Higgins, menjelaskan bahwa aktivitas laut itu dapat dikendalikan dan ia meyakinkan bahwa tidak ada kerusakan apa pun di Pelabuhan Ventura.

“Anda bisa melihat arus sungai bergerak lambat masuk dan keluar (ke laut), dan pada saat kedua arus itu bertemu satu sama lain, maka akan menyebabkan gerakan air yang bergejolak,” ujarnya. (art)

Gunung Karangetang di Sulawesi Utara

Sitaro Gempa 5,4 SR, Bisa Picu Gunung Karangetang Meletus

Gunung itu memang biasa meletus tapi warga diminta tetap waspada.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2016