Korban Gempa Chile Kali Ini Lebih Sedikit

tsunami melanda chile
Sumber :
  • REUTERS/Cristian Vivero

VIVA.co.id - Korban jiwa akibat gempa Chile kali ini terhitung sedikit. Hingga dua hari pasca gempa hanya 10 korban yang dilaporkan meninggal dunia.

Pasca gempa bumi yang menghantam bagian Utara negara tersebut pada Rabu, 16 September 2015, pihak berwenang Chile belum melaporkan terjadinya penambahan jumlah korban.

Sitaro Gempa 5,4 SR, Bisa Picu Gunung Karangetang Meletus

Namun, angka itu diperkirakan bisa bertambah karena petugas masih terus melakukan evakuasi di area yang terkena dampak bencana alam.

Guncangan gempa berkekuatan 8,3 SR yang terjadi di Chile dan daerah sekitarnya menyebabkan jutaan orang harus dievakuasi dari rumah dan gedung-gedung yang ada di lokasi kejadian untuk menyelamatkan diri mereka.

Gempa susulan yang terus terjadi membuat warga Chile terpaksa tidur di luar ruangan untuk menghindari kemungkinan bangunan roboh karena konstruksi yang rusak akibat gempa.

Banyak warga yang memilih untuk pergi ke dataran yang lebih tinggi dan jauh dari pesisir karena menghindari kemungkinan terjadinya tsunami.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan jutaan orang dipaksa keluar dari rumah mereka, dan aliran listrik juga masih terputus untuk sementara waktu.

Dampak dari gempa bumi ini tidak sebesar dampak yang terjadi pada gempa bumi di Chile pada 2010 lalu. Saat itu, gempa  berkekuatan 8,8 SR menewaskan lebih dari 500 orang dan menghancurkan sekitar 220.000 rumah warga. (ase)

Gempa bumi di Bali

Sesar Aktif Picu Gempa 4,5 SR di Bali Kamis Dini Hari

Gempa bumi itu terkait keberadaan sesar aktif di Laut Bali.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016