Tragedi Mina

Jalan Arab 204 Bukan yang Biasa Dilalui Jemaah RI

Jemaah haji berbondong-bondong untuk lontar jumroh
Sumber :
  • REUTERS/Ahmad Masood
VIVA.co.id
Jumlah Korban Tragedi Mina 2.070 Jiwa
- Kementerian Agama menjelaskan Jalan Arab 204 adalah jalan yang tidak biasa digunakan jemaah haji Indonesia yang tinggal di Mina Jadid. Jalan yang biasa mereka gunakan adalah jalan King Fahd.

Arab Saudi: Investigasi Tragedi Mina Masih Butuh Waktu

Jalan Arab 204 merupakan lokasi terjadinya tragedi di Mina, Kamis pagi tadi. Di mana, 453 jemaah haji meninggal dunia karena berdesakan.
Putra Mahkota Saudi Gelar Pertemuan Soal Tragedi Mina


"Jalan Arab 204 terletak di sebelah kiri jalan King Fahd. Jadi lokasi kejadian bukan berada pada  jalur yang biasa ditempuh jemaah haji Indonesia," demikian keterangan pers Kementerian Agama RI, Kamis 24 September 2015.


Tragedi Mina mengakibatkan ratusan jemaah haji meninggal dan luka-luka. Tragedi ini terjadi di Jalan Arab 204 pukul 7.30 waktu Arab Saudi.


"Berita terkait peristiwa Mina terjadi pada saat jemaah akan melakukan lontar Jumrah Aqabah."


Jemaah haji Indonesia di Mina terbagi dalam  dalam 52 maktab, 45 maktab di Harratul Lisan (Mina), tujuh maktab di Mina Jadid. Jemaah yang tinggal di Harratul Lisan tidak akan melalui jalur Arab 204,  tapi melalui terowongan Muashim ketika akan ke Jamarat.


"Jadi sangat kecil sekali untuk terjadinya korban yang lebih banyak."


Peristiwa diduga terjadi karena adanya jemaah yang akan melakukan jumrah Aqabah tiba-tiba terhenti di jalan Arab.


Karena terhenti, jemaah yang berada pada barisan belakang mendorong jemaah yang di depan sehingga berdesakan dan banyak perempuan dan orang tua yang jatuh menjadi korban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya