Tragedi Mina, Raja Perintahkan Evaluasi Pelaksanaan Haji

Jemaah haji yang terluka akibat terinjak-injak di Mina, Arab Saudi
Sumber :
  • REUTERS/Directorate of the Saudi Civil Defense/Handout via Reuters
VIVA.co.id
Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji
- Raja Saudi Arabia, Salman, menyatakan telah memerintahkan bawahannya untuk mengevaluasi keseluruhan rencana haji setelah insiden di Mina. Raja Salman juga menyampaikan belasungkawa yang mendalam.  

Tawaf dan Rahasianya

"Kami telah menginstruksikan yang berwenang untuk meninjau rencana haji dan memerintahkannya untuk meningkatkan manajemen pelaksana memastikan kenyamanan dan kemudahan para tamu Allah saat melakukan prosesi haji," kata Raja Salman.
Calon Haji Ini Kesal Sambal Petisnya Disita


Melansir dari Reuters, juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Mansour Turki mengatakan, penyelidikan akan menelusuri penyebab peziarah yang tidak biasa berkumpul di lokasi bencana.


"Alasan untuk itu belum diketahui," katanya dalam konferensi pers di Mina.


Insiden Mina merupakan bencana terburuk sepanjang pelaksanaan ibadah haji sejak Juli 1990, kala itu 1.426 jemaah haji terjepit di dalam terowongan dekat Makkah. Keduanya terjadi tepat pada Hari Raya Idul Adha.


Atas insiden tersebut, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan Gedung Putih pun telah pula menyampaikan belasungkawa.


"Amerika Serikat menyatakan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga dari ratusan jemaah haji tewas dan ratusan lainnya terluka dalam penyerbuan memilukan di Mina, Arab Saudi," kata juru bicara Gedung Putih, Ned Price.


Saat ini tercatat sudah 717 jemaah haji tewas dalam insiden di Jalan Arab 204. Dari Indonesia terkonfirmasi dua jemaah haji yang menjadi korban. Mereka adalah jemaah haji asal Surabaya dan Batam. Seorang lainnya masih dalam proses identifikasi.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya