Singapura Umumkan 4 Perusahaan Indonesia Pembakar Hutan

Sorot Asap Jambi Sorot
Sumber :
  • ANTARA/Rony Muharrman
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- National Environment Agency (NEA) atau Badan Lingkungan Hidup Singapura telah menginformasikan ditemukannya empat perusahaan Indonesia yang diduga menjadi penyebab kebakaran di hutan Kalimantan dan Sumatera. Seperti diketahui, kebakaran hutan yang besar menyebabkan asap tebal yang tertiup angin sampai ke wilayah Singapura.

Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau

Dilansir dari laman
Jelang Puncak Kemarau,Titik Api di Sumatera Meningkat
Channel News Asia , empat perusahaan itu adalah PT Rimba Hutani Mas, PT Sebangun Bumi Andalas Wood Industries, PT Bumi Sriwijaya Sentosa dan PT Wachyuni Mandira. Dari penyelidikan yang selama ini dilakukan NEA mengatakan penyebab kemungkinan yang ditemukan adalah terkait dengan konsesi lahan yang dimiliki perusahaan-perusahaan tersebut.


Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Air Singapura, Vivian Balakrishnan mengatakan asap tebal yang menyelimuti sejumlah titik wilayah Singapura sudah tidak bisa ditoleransi lagi.


“Ini sudah tidak bisa ditoleransi, hal ini sangat berpengaruh pada kehidupan ekonomi. Baru saja kemarin kami meliburkan sejumlah sekolah karena berbahaya bagi para siswa,” ujar Vivian.


Ia menulis pada akun
Facebook
pribadinya bahwa NEA sudah mengirimkan surat kepada pihak Indonesia yang berisikan nama-nama perusahaan terduga itu untuk selanjutnya diselidiki lebih lanjut.


“Oleh karena itu, kami juga berharap agar setiap perusahaan di Singapura dan Indonesia untuk lebih transparan mengenai rantai pasokan mereka, khususnya mereka yang terlibat dalam sektor kelapa sawit dan kehutanan. Pada akhirnya, setiap perusahaan harus tahu bahwa ada harga dan konsekuensi yang harus dibayar setelah merusak kesehatan, lingkungan dan ekonomi kita,” ujarnya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya