Ditelusuri Alasan Askar Belokkan Jemaah RI ke Jalan 204

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • www.kemenag.go.id
VIVA.co.id
Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji
- Pemerintah Indonesia akan menelusuri alasan askar mengarahkan jemaah asal Indonesia ke Jalan 223. Untuk menuju jalan ini, jemaah harus melintasi Jalan 204 agar sampai ke Jamarat untuk melempar jumrah pada 24 September 2015 lalu.

Tawaf dan Rahasianya

Tragedi Mina yang dipicu aksi desak-desakan dan dorong-dorongan yang menyebabkan jemaah jatuh dan terinjak-injak terjadi di Jalan 204. Ini bukan jalan biasa yang dilalui jemaah tanah air yang biasanya melintas lewat Jalan King Fadh. Jalur 204 merupakan jalan yang biasa dilalui jemaah asal Afrika.
Calon Haji Ini Kesal Sambal Petisnya Disita


Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin seperti dikutip dari Media Center Haji Kementerian Agama mengatakan, keterangan korban asal Indonesia yang menyebutkan askar mengarahkan jemaah ke jalan yang berbeda harus ditelusuri.


"Sebab jalur kita adalah yang lurus sesuai dengan peta dan warna hijau," kata dia, ketika berbincang dengan jamaah dari Kelompok terbang (Kloter) JKS 61 Embarkasi Jakarta-Bekasi.


Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi sudah memberikan peta kepada jemaah. Warna hijau menunjukkan jalur yang harus dilintasi oleh jemaah menuju Jamarat. Jalur tersebut juga sesuai dengan pengaturan yang diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi.


Karena itu, Menag Lukman menyatakan pemerintah perlu menggali dan mencari tahu alasan askar atau pihak keamanan Arab Saudi mengarahkan jemaah Indonesia yang hendak menuju Jamarat ke lokasi yang berbeda. “Ini yang sedang kita dalami,” kata dia.


Menag menyatakan upaya pemerintah untuk perbaikan layanan penyelenggaran haji di Arab Saudi tidak akan berhenti. Pemerintah Indonesia akan menyampaikan kepada Arab Saudi untuk menyelesaikan persoalan seperti di Jalan 204, Mina.  Akibat insiden ini, sebanyak 14 jemaah Indonesia teridentifikasi wafat. Sebanyak enam orang lainnya masih dalam perawatan di rumah sakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya