China Siap Bantu Perekonomian Negara di Dunia

Duta Besar Tiongkok untuk RI, Xie Feng dan Yuddy Chrisnandi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina
VIVA.co.id
Vietnam Kirim Peluncur Roket ke Laut China Selatan
- Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta, semalam menggelar pesta perayaan hari kemerdekaan ke-66 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat. Duta Besar Tiongkok untuk RI, Xie Feng, mengaku kagum dengan perkembangan yang dialami negaranya sedemikian pesat. 

Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan
"Kami sangat bergembira bisa merayakan hari ulang tahun kemerdekaan kami, dengan Anda semua yang hadir saat ini. Saat ini, Tiongkok yang telah berumur 66 tahun mengalami banyak sekali perkembangan dan kemajuan, termasuk dalam aspek kerja sama dengan Indonesia," ujar Xie. 

Datang Sebagai Turis ke Jerman, Malah Dikira Imigran
Xie dengan bangga mengatakan, Tiongkok sebagai negara besar sudah banyak sekali mengalami kemajuan dalam beberapa puluh tahun terakhir ini. Kini, Tiongkok berhasil menjelma menjadi negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Bahkan, diprediksi akan menggeser Amerika Serikat. 

"Tidak hanya itu, Tiongkok merupakan negara dengan sektor perdagangan terbesar di dunia dan tengah berupaya untuk terus meningkatkan industri barang-barang. Perekonomian Tiongkok memasuki situasi baru ke arah yang lebih baik, kami adalah negara dengan perkembangan ekonomi tercepat di dunia," kata Xie.

Hal itu, tambah dia, menjadikan Tiongkok sebagai negara dengan perkembangan industri konsumsi yang lebih besar dari negara lainnya. 

"Ini akan memberikan keuntungan juga untuk masyarakat kami, yakni dengan meningkatnya pendapatan per kapita setiap tahunnya," ujar dia.

Di samping itu, Xie mengaku yakin Tiongkok berkontribusi dalam perkembangan ekonomi global. Sebab itu, Tiongkok sebagai negara maju dan berkembang menyatakan komitmennya untuk ikut serta dalam upaya mengembangkan ekonomi setiap negara.

"Tiongkok berkomitmen untuk menghadirkan lingkungan pemerintah yang bersih demi perdamaian dunia. Kami siap untuk kerja sama dengan seluruh negara di dunia," ucap Xie. 

Perayaan 66 tahun kemerdekaan Tiongkok digelar sangat meriah, diiringi dengan musik dan tarian khas Negeri Tirai Bambu. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, terlihat ikut hadir dalam acara itu. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya