Indonesia-Malaysia Bentuk Tim Khusus Tangani Perbatasan

Dubes Malaysia untuk Indonesia, Datuk Seri Zahrain Mohemed Hashim
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
34 WNI Selamat dari Kapal Tenggelam di Malaysia Dipulangkan
- Hubungan perbatasan Indonesia dan Malaysia masih tersandung beberapa kasus yang hingga saat ini belum dapat terselesaikan. Untuk menyelesaikannya, kedua negara sepakat membentuk tim khusus.

Patroli Maritim 3 Negara Jangan Sekadar Pepesan Kosong

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim mengaku bahwa Pemerintah Indonesia dan Malaysia telah membentuk sebuah tim khusus yang akan bekerja untuk menyelesaikan permasalahan mengenai batas wilayah.
PM Najib Sebut Keragaman Jadi Kekuatan ASEAN


"Kedua negara sudah memilih dan melantik perwakilan masing-masing yang tergabung dalam suatu tim khusus. Mereka akan saling berdiskusi satu sama lain untuk mencari solusi terbaik mengenai persoalan pembatasan wilayah," kata Zahrain, Selasa 29 September 2015 di gedung Kedutaan Besar Malaysia, Kuningan, Jakarta Selatan.


Zahrain mengatakan, sudah digelar satu kali pertemuan informal antara kedua pihak. Namun, disayangkan pertemuan tersebut masih belum bisa mencapai titik temu.


"Setelah dilantik oleh negara masing-masing bulan lalu, kedua perwakilan sempat bertemu, namun secara informal. Tetapi, tetap saja belum menghasilkan penyelesaian," ujarnya.


Nantinya, kata Zahrain, kedua pihak akan kembali bertemu untuk berdiskusi lebih dalam lagi mengenai kesepakatan yang akan diambil.


Upaya tersebut dilakukan karena kedua negara sama-sama tidak mau jika permasalahan negara tetangga ini sampai harus dibawa ke ranah Pengadilan Mahkamah Internasional.


"Mereka akan atur sendiri untuk pertemuan selanjutnya. Perwakilan dari Indonesia adalah Edi Pratomo, mantan Dubes RI untuk Jerman. Sementara itu, perwakilan dari Malaysia adalah mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri, Tan Sri Mohd Radzi Abdul Rahman," ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya