Saudi Bantah Klaim Korban Tragedi Mina di Atas 1.000 Jiwa

Tradisi Lempar Jumroh dalam umroh.
Sumber :
  • ANTARA/ Prasetyo Utomo

VIVA.co.id -Arab Saudi belum memberikan pengumuman resmi berapa jumlah korban tragedi Mina. Namun sejumlah negara melaporkan jumlah korban sudah berada diatas 1.000 jiwa.

Tawaf dan Rahasianya

Pemerintah Saudi membantah isu yang beredar tentang jumlah korban tragedi Mina. Sebelumnya, seorang pejabat Nigeria mengatakan kepada BBC, jumlah korban tewas jemaah haji yang telah dimakamkan di Jeddah mencapai 1.057 jiwa. Selain Nigeria, sejumlah negara lain juga melaporkan mereka menerima kiriman foto tentang pemakaman 1.090 jenazah.

Namun pemerintah Saudi membantah kabar tersebut. Menurut mereka, jenazah pada foto yang beredar termasuk mereka yang meninggal saat berhaji, bukan hanya akibat tragedi Mina.

Juru bicara pemerintah Saudi Mayor Jenderal Mansour al-Turki mengatakan sebagian lagi adalah warga negara asing yang bekerja di Saudi dan menggunakan kesempatan untuk berhaji. "Sisanya adalah korban jatuhnya crane di Mekah pada 11 September 2015," katanya seperti dikutip dari BBC, Rabu, 30 September 2015.

Kebingungan soal berapa sesungguhnya korban jiwa akibat tragedi Mina muncul setelah Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj berkicau di Twitter pada Minggu, 26 September2015, bahwa pemerintah Saudi telah merilis foto 1.090 korban jiwa tragedi Mina. Pakistan dan pemerintah Indonesia juga mengindikasikan hal yang sama.

Pada Selasa, 29 September 2015, petugas haji Nigeria mengatakan kepada BBC, ia melihat 14 lori pengangkut jenazah. Ia mengatakan, sejauh ini 1.075 jenazah sudah dikeluarkan dari 10 lori. Sedangkan empat sisanya sedang melakukan persiapan untuk menurunkan jenazah. (ren)

Anggota Komisi VIII Desy Ratnasari

Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji

Uang itu tak boleh digunakan sembarangan.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2017