RI Turut Berduka Cita atas Bom Teror di Turki

Anggota keluarga pemboman di Ankara, Turki
Sumber :
  • REUTERS/Umit Bektas
VIVA.co.id
Keputusan Jokowi Tolak Permintaan Erdogan Disambut Gembira
- Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi menyampaikan pesan belasungkawa bagi Pemerintah Turki yang diguncang bom bunuh diri pada Sabtu kemarin. Akibat aksi pemboman itu telah menewaskan 95 orang dan melukai 246 demonstran.

DPR: Jangan Tutup Sekolah Hanya karena Permintaan Turki
Hal itu diungkap Retno yang ditemui di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat pada Senin, 12 Oktober 2015 usai membuka seminar internasional Hak Asasi Manusia (HAM).

Turki Panggil Duta Besar Jerman
“Indonesia turut berduka yang dalam bagi seluruh korban dan keluarga di Turki,” ujar Retno. Pesan bela sungkawa disampaikan Retno pada Minggu kemarin dengan menghubungi rekan dan kolega di Turki. 

"Pada hari Minggu kemarin, saya menelepon rekan saya di Turki dan mengutarakan rasa belasungkawa dan turut berduka cita untuk seluruh keluarga korban," kata mantan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda itu. 

Berdasarkan data yang dimiliki Kementerian Luar Negeri RI, hingga saat ini tidak ada WNI yang menjadi korban dalam aksi pemboman. KBRI di Ankara, ujar Kemlu terus melakukan koordinasi dengan otoritas Turki untuk mengetahui perkembangan identifikasi korban. 

Jika membutuhkan informasi mengenai situasi WNI di Turki, Kemlu menyediakan nomor hotline yang dapat dihubungi yaitu +905 321 352298

Dua tersangka pembom menyerang sebuah kerumunan aktivis pro Kurdi dan tenaga kerja di luar stasiun kereta api utama di daerah Ankara, Turki pada Sabtu, 10 Oktober 2015. 

Kejadian ini tercatat merupakan serangan bom terburuk di Turki. Insiden berdarah ini terjadi hanya beberapa minggu sebelum digelarnya pemilihan umum di negara tersebut. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya