Sambangi Iran, Menlu Retno Bidik Kerja Sama Energi

Menlu RI bertemu dengan Menlu Iran
Sumber :
  • Akun Twitter Kementerian Luar Negeri RI
VIVA.co.id
Iran Eksekusi Mati Ilmuwan Nuklirnya
- Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi, pada Rabu kemarin melakukan kunjungan kerja ke ibukota Tehran, Iran. Ini menjadi kunjungan pertama Retno ke Iran usai duduk sebagai Menlu. 

Iran Akui Tentaranya Tewas dalam Perang Suriah
Di sana mantan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda itu bertemu dengan Menlu Iran, Mohammad Javad Zarif. Ini menjadi pertemuan ketiga kedua Menlu. Mereka telah bertemu di Kuwait City pada Mei 2015 dan di New York pada September lalu. 

'Cultural Coffee Morning', Promosi Indonesia ala Kemlu
"Kunjungan kerja Menlu ke Tehran ditujukan untuk memperkuat hubungan kedua negara yang sudah baik selama ini. Kedua negara ingin memperkuat kerja sama ekonomi, termasuk energi dan perdagangan," tulis Kemlu melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id pada Jumat, 16 Oktober 2015. 

Iran, kata Kemlu memiliki sumber energi berlimpah, terutama minyak. Kemlu juga tengah membidik Iran sebagai salah satu pasar non-tradisional potensial bagi produk ekspor unggulan Indonesia, termasuk CPO, kertas dan karet. 

Oleh sebab itu, selain kunjungan Menlu, Menteri ESDM, Sudirman Said juga ikut melakukan kunjungan kerja ke Tehran dan melakukan pertemuan dengan Menteri Energi dan Menteri Perminyakan Iran. Delegasi dari Pertamina dan PT Pupuk Indonesia turut menyertai rombongan Menteri Sudirman.

Isu lain yang dibahas kedua Menlu yakni kerja sama di bidang riset dan olah raga. Mereka kemudian menandatangani dua kesepakatan yakni nota kesepahaman di bidang riset dan pembangunan dan nota kesepahaman di bidang pelatihan diplomatik. 

Dalam isu penguatan dan upaya memerangi terorisme serta ekstrimisme, kedua Menlu sepakat mengenai pentingnya upaya untuk terus menyuarakan Islam yang damai.

"Islam di Indonesia memegang peran yang penting dalam konsolidasi demokrasi, memajukan pluralisme, toleransi serta untuk memerangi terorisme," kata Retno.

Usai bertemu dengan mitra masing-masing Retno dan Sudirman kemudian melakukan kunjungan kehormatan ke Presiden Iran, Hassan Rouhani. Rouhani menyambut baik komitmen kedua negara untuk meningkatkan hubungan bilateral, termasuk kerja sama di bidang energi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya