Kabut Asap Indonesia Kembali Selimuti Filipina

Gambar asap Kalimantan hasil observasi NASA
Sumber :
  • Nasa Observatory
VIVA.co.id
WNI Disandera, Pemerintah Dinilai Gagal Jaga Kedaulatan
- Filipina kembali mengonfirmasi asap asal Indonesia yang menyelimuti negaranya. Layanan Administrasi Atmosfer Geofisika Astronomi Filipina (PAGASA) mengonfirmasi bahwa kabut asap yang menyelimuti wilayah Davao, Filipina, hari ini berasal dari kebakaran hutan.

Enam Pengawal Wali Kota di Filipina Ditembak, Diduga Narkoba

Ben Rosales, pengamat cuaca PAGASA menyampaikan kepada Badan Informasi Filipina, asap tersebut terbawa oleh angin Muson yang berhembus ke timur laut menuju Filipina. Kabut asap telah diamati di kota Davao sejak 17 Oktober, sementara asap di kota Cebu telah diamati sejak tanggal 3 Oktober.
Patroli Bersama Tiga Negara Tidak Gagal


Menurut Davaotoday.com, kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan di Indonesia telah mempengaruhi delapan negara di Asia Tenggara. Negara yang paling terdampak adalah Malaysia, Singapura dan Brunei. Indeks Standar Polutan (PSI) Singapura sempat mencapai 471 dan masuk dalam kategori berbahaya, membuat negara itu meliburkan sekolah dan beberapa acara olahraga.


Sejumlah negara telah membantu Indonesia untuk berupaya memadamkan api. Namun, kebakaran yang sangat luas dan ribuan titik api yang tersebar membuat upaya pemadaman tak bisa berlangsung dengan mudah.


Pejabat Malaysia bahkan sempat mengeluarkan pernyataan, kebakaran hutan di Indonesia hanya bisa dipadamkan jika hujan turun. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya