Menlu RI dan Australia Kembali Bertemu di Padang

Menlu RI bertemu Menlu Australia di Kuala Lumpur
Sumber :
  • Akun Twitter Kementerian Luar Negeri RI

VIVA.co.id - Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, dipastikan hadir dalam pertemuan tingkat Menteri Forum Negara-negara di Sepanjang Samudera Pasifik (IORA) yang digelar di Padang, Sumatera Barat. Di sela-sela KTT IORA itu, Bishop juga dijadwalkan bertemu dengan tuan rumah Menlu Retno Marsudi pada Jumat, 23 Oktober 2015.

'Cultural Coffee Morning', Promosi Indonesia ala Kemlu
Retno, yang ditemui di gedung Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Rabu kemarin memastikan rencana pertemuan tersebut. Pertemuan kedua Menlu, kata mantan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda itu, untuk membahas mengenai kerja sama IORA. 

Menlu Retno: Belum Ada Laporan WNI jadi Korban Bom Pakistan
"Australia kan tahun ini menjadi Ketua IORA dan akan menyerahkan tongkat kepemimpinan ke Indonesia. Sementara, posisi Wakil Ketua IORA akan dipegang oleh Afrika Selatan. Nah, ketiga Menlu negara ini adalah perempuan semua," ujar Retno. 

Diskusi Empat Jam, Bali Process Hasilkan Dua Dokumen
Isu lain yang kemungkinan dibahas, kata Retno, yakni rencana pertemuan Menlu dan Menteri Pertahanan kedua negara di Australia atau yang dikenal dengan sebutan "2+2". Dari informasi yang diperoleh, pertemuan 2+2 akan dilakukan pada bulan Desember. 


"Kami tidak akan membahas substance, tetapi lebih mencocokkan jadwal atau tanggal. Apakah betul tanggal tersebut bisa dikunci. Sebab, ketika mencocokkan tanggal butuh waktu dan upaya," kata dia.

Sementara, fokus Indonesia di forum IORA akan membawa tema kerja sama maritim dan perdamaian di kawasan Samudera Hindia. Usai bertemu dengan Bishop, Retno akan langsung bertolak ke Amerika Serikat untuk ikut kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo.

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya