Argentina Siap Pilih Presiden Baru

Mauricio Macri
Sumber :
  • BBC
VIVA.co.id
Pertama Kali, Perempuan Arab Saudi Ikut Pemilu
- Argentina akan melakukan pemungutan suara untuk memilih presiden dalam pemilihan umum, setelah 12 tahun di bawah pemerintahan Kirschner. Dilansir dari
BBC
Fadli Zon: Orang Politik Biasa Ngobrol Bawa Nama Presiden
, Minggu 25 Oktober 2015, Presiden Cristina Fernandez de Kirchner telah menjabat dua periode berturut-turut dan menurut  konstitusi Argentina, tidak diperbolehkan memimpin lagi. 

Pemilu Argentina Dimenangi Politisi Konservatif
Partai sayap kiri Daniel Scioli, berdasarkan jajak pendapat, menempati posisi teratas. Namun, ia menghadapi pesaing yang ketat dari Mauricio Macri, Walikota Buenos Aires.

Sedangkan kandidat lain, Sergio Massa, mantan sekutu Kirchner, berada di belakang Macri dari poling, selain itu ada tiga nama lain yang siap bertarung dalam pemilu tersebut. Minggu, adalah putaran pertama dari pemungutan suara- jika tidak ada calon yang mendapat lebih dari 45 persen suara, atau mendapat minimal 40 persen serta 10 poin, akan ada run-off pada 22 November.

Siapa pun yang memenangkan kursi kepresidenan menghadapi tantangan ekonomi yang signifikan. Kendati keuangan di negara terbesar ketiga di Amerika Latin ini menguat setelah krisis keuangan tahun 2002, namun pertumbuhan ekonomi melambat dalam beberapa tahun terakhir, dengan PDB tumbuh hanya 0,5 persen tahun lalu.

Ibu negara Kirchner berhasil membuat suaminya Nestor sebagai presiden. Dia meninggal pada tahun 2010, tiga tahun setelah menyerahkan kursi kepresidenan kepada istrinya.

Scioli adalah Gubernur Provinsi Buenos Aires, merupakan mantan juara dunia powerboating yang kehilangan lengan kanannya dalam lomba perahu pada tahun 1989. Dia berjanji untuk menurunkan inflasi Argentina untuk satu digit dalam waktu kurang dari empat tahun dan berjanji untuk memperkenalkan perubahan kebijakan untuk memperkuat perekonomian.

Macri menikah dengan mantan model. Dia adalah mantan presiden Boca Juniors, klub sepakbola paling sukses di Argentina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya