Afghanistan Diguncang Gempa 7,6 SR, 29 Orang Tewas

Gempa Afghanistan
Sumber :
  • Reuters/Fayaz Aziz

VIVA.co.id - Sebuah gempa bumi besar yang berlangsung hampir satu menit melanda daerah timur laut Afghanistan, hari ini, Senin, 26 Oktober 2015. Sekitar 29 orang dilaporkan meninggal dunia.

Dilansir dari Channel News Asia, gempa berkekuatan 7,6 SR ini dirasakan hingga ke wilayah New Delhi, yang mengakibatkan gedung-gedung di pusat kota India itu ikut terguncang.

Gempa bumi tersebut berpusat di darat, sekitar 254 kilometer dari tenggara Feyzabad, sebuah wilayah terpencil Afghanistan, di pegunungan Hindu Kush. Pusat gempa berada pada kedalaman 254 km.

Getaran akibat gempa juga dirasakan di Islamabad, Pakistan dan ibukota Afghanistan, Kabul.

Lalui Jalur 'Tengkorak', Turis Diserang Militan Afghanistan

Reuters melaporkan, sekitar 29 orang dilaporkan tewas. Dua belas diantaranya adalah remaja puteri yang berdesak-desakan saat mencoba menyelamatkan diri dari sekolah mereka di Taloqan saat gempa mengguncang. Di provinsi Nangahar, lima orang tewas. Dua belas orang yang tinggal di perbatasan dengan Pakistan juga dilaporkan tewas, sementara di Peshawar satu orang meninggal dunia.

Gempa Afghanistan ini terjadi enam bulan setelah gempa Nepal yang terjadi pada 25 April. Akibat gempa Nepal, sekitar 9.000 orang meninggal dunia dan 900.000 rumah rusak parah atau hancur.

Tahun 2005, Pakistan juga dilanda gempa dengan kekuatan 7,6 skala richter. Gempa yang terjadi pada 8 Oktober itu menewaskan 75.000 orang.

Ilustrasi/Banjir di Aceh

1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan

Total korban meninggal akibat bencana mencapai 267 orang.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016