Gempa Besar di Afghanistan, Ada Korban WNI?

Ilustrasi gempa bumi Iran
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Gempa besar berkekuatan 7,5 skala richter (SR) mengguncang Afghanistan. Tak cuma di negara tersebut, gempa itu juga dirasakan kuat di India, dan Pakistan. Bahkan, korban tewas juga dilaporkan berjatuhan di sana.

Hingga berita ini dibuat, data korban tewas sebanyak 30 orang. Jumlah korban tewas paling banyak di Afghanistan. Bahkan, 12 di antaranya merupakan anak-anak perempuan.

Lantas, adakah korban yang jatuh dari merupakan warga negara Indonesia (WNI)?

Info sementara yang disampaikan Direktur Perlindungan WNI & Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Muhammad Iqbal, sejauh ini belum ada laporan WNI yang menjadi korban.

"Di Afganistan terdapat sekira 130 WNI. Hingga saat ini kami belum berhasil kontak dengan KBRI Kabul," kata Iqbal dalam keterangan resminya seperti diterima VIVA.co.id, Senin 26 Oktober 2015.

Ia juga menyebutkan, diperoleh laporan jika wisma duta besar RI terdapat retakan akibat gempa, namun semua staf dan WNI selamat.

"Di India terdapat sekira 600 orang WNI, hingga saat ini belum ada laporan WNI yang menjadi korban."

147 Rumah di Dompu Rusak Akibat Gempa

"Di Pakistan terdapat 1.000 WNI, 250 di wilayah kerja KBRI Islamabad dan 750 di wilayah kerja KJRI Karachi. Hingga saat ini juga belum ada laporan WNI yang menjadi korban. Kami akan sampaikan perkembangan lebih lanjut," ujarnya.

Ilustrasi/Banjir di Aceh

1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan

Total korban meninggal akibat bencana mencapai 267 orang.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016